Kodam Targetkan 3.000 Hektar Lahan Baru untuk Petani di Merauke

Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Hinsa Siburian
JAYAPURA — Komando Daerah (Kodam) XVII Cenderawasih menargetkan 3.000 hektar lahan baru untuk petani di Marauke. Mereka juga bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Merauke untuk pembuatan irigasi sehingga ditargetkan pada akhir Desember mendatang dapat ditanami padi secara keseluruhan.
“Jadi kami sudah buka 400 hektar, kemudian PU langsung bekerja untuk membuat irigasinya. Itu nantinya tinggal menanam. Kita bersinergi dengan PU. Begitu kami buka, maka PU juga membangun irigasi,” kata Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Hinsa Siburian, Senin (28/09/2015).
Dikatakannya, terdapat dua tempat yang kini lahannya telah dibuka. Masing-masing, lanjutnya, 200 hektar. “Kemudian nanti berlanjut, karena kami targetkan minimal 3.000 harus dibuka sampai akhir desember. Target kami seperti itu,” bebernya.
Dikatakan, pembukaan tersebut merupakan tindak lanjut dari intruksi Presiden yang tahap pertama dibuka seluas 10 ribu hektar lahan untuk ditanami padi. “Tahap pertama 10.000 hektar. Nah nanti kita menyesuaikan dengan situasi, tapi sedang on the track,” ujarnya.
Siburia mengatakan, meski saat ini musim kemarau, namun hal tersebut tidak menjadi kendala di lapangan, terutama dalam hal pengairan, karena didukung dengan sistim pengairan yang baik. “Tidak ada kendala sebenarnya, karena sistem pengairannya, sudah dibuat sedemikian rupa. Sangat bagus, tidak ada kendala dengan kemarau,” kata mantan Kasdam XVII Cenderawasih ini.
SENIN, 28 September 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...