Kodim 1711 Boven Digoel Papua Gelar Penyemaian Padi

JAYAPURA — Komando Distrik Militer (Kodim) 1711/Boven Digoel bersama pemerintah setempat serta pelajar melakukan penyemaian tanaman padi di Kampung Sukanggo, Distrik Mandobo, Kabupaten Boven Digoel.
Penyemaian padi tersebut diikuti 45 pelajar dari SMK Negeri 1 Tanah Merah, 15 personil TNI AD Kodim 1711/BVD, 10 petani dari kelompok  Tani Kuningkunyang didampingi Perwira seksi Teritorial Kodim, Letda Inf Zabir dan Danramil 03/TMH, Lettu Inf Warsito.
Dandim 1711/BVD, Letnan Kolonel Kav Bambang Sutrisno mengatakan, pihaknya mendukung program Pemerintah Daerah untuk meningkatkan swasembada pangan di Kabupaten Boven Digoel ini.
“Proses pelaksanakan swasembada pangan ini kami perlu mempersiapkan generasi muda,  seperti anak-anak pelajar SMK ini kami melatih mereka bercocok tanam yang baik agar kedepan mereka dapat terjun langsung di tengah masyarakat untuk menyebarluaskan swasembada pangan ini,” kata Sutrisno, Kamis (17/09/2015).
Swasembada Pangan, menurutnya, merupakan komoditas penting dan strategis bagi bangsa Indonesia mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat. Dimana, peningkatan ketahanan pangan dimaksudkan untuk menunjang pembangunan dalam rangka mengembangkan sistem ketahanan pangan secara nasional.
“Upaya peningkatan produktifitas pangan nasional belum dapat berjalan sesuai yang kita harapkan maka hal inilah kemudian yang mendorong pemerintah melaksanakan perubahan paradigma kebijakan pembangunan nasional di bidang pertanian,” ujarnya.
Kegiatan yang dilakukan ini, masih kata Sutrisno, merupakan salah satu wujud kepedulian Kodim 1711/BVD terhadap ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Boven Digoel. “Saya harap Babinsa senantiasa dapat mendampingi masyarakat untuk mensukseskan swasembada pangan di Kabupaten Boven Digoel ini,” harapnya.
KAMIS, 17 September 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...