Komisi VII DPR RI Desak Pemerintah Prioritaskan Konservasi Energi

Ruang sidang Komisi VII DPR RI
NASIONAL — Komisi VII DPR RI terus mendesak pemerintah agar memprioritaskan konservasi energi (penghematan) dalam menghadapi perubahan status dari supply and demand (permintaan dan penawaran) menjadi net importer energy alias pengimpor energi pada 2019 nanti.
Ketua Komisi VII DPR RI, Kardaya Warnika mengatakan, program konservasi ini penting sekali bagi Indonesia, Jadi perlu diprioritaskan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam mengelola kebijakan. Dan diharapkan pemerintah harus bisa menunda lebih panjang perubahan status menjadi net importer energy.
“Harus ditunda sejauh mungkin, Kalau seandainya masuk, yaa celaka. Satu upaya yang mungkin dan harus menjadi yang pertama dilakukan adalah konservasi energi,” ujar kardaya di Jakarta, Senin (28/09/2015).
Konservasi energi, kata kardaya, adalah cara yang paling mudah, murah dan cepat. Terkait penggunaan listrik misalnya, jika program konservasi ini bisa diterapkan dengan baik dan benar maka intensitas konsumsi listrik akan turun.
Ia mencontohkan Negara Singapura yang konsumsi listriknya turun 30 persen setelah melakukan program konservasi energi.
“Singapura bisa turun 30 persen karena melaksanakan itu, dan dalam waktu cepat. Tidak sampai tahunan, cukup dengan beberapa bulan,” ujarnya.
Politisi Gerindra ini juga memberikan gambaran, ada tiga pilar atau penopang untuk membangun rumah kedaulatan energi itu. Pertama, program jangka pendek untuk menangani krisis. Kedua, sembilan program strategis dan ketiga, program sinergi dan penguatan kelembagaan.
Namun, pemerintahan menargetkan untuk memperbaiki porsi sumber Energi Baru – Terbarukan (EBT) dalam bauran energi primer menjadi 23 persen di tahun 2025. Diprioritas kedua, pemerintah menargetkan pembudayaan konservasi energi.
Menurut Kardaya seharusnya pemerintah menempatkan konservasi di urutan pertama, sebab program konservasi itu bisa dilaksanakan dengan cepat..
“Kami dari Komisi VII, mempertanyakan Sejauh mana upaya pemerintah untuk menerapkan konservasi energi,” Tandasnya. 

SENIN, 28 September 2015
Jurnalis       : Adista Pattisahusiwa
Foto            : Adista Pattisahusiwa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...