KPU Papua: Wayam dan Manurung Sah Ikut Pilkada di Pegubin

Ketua KPU Papua, Adam Arisoy

JAYAPURA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua mengklaim proses terhadap salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pegunungan Bintang, Jacobus Wayam dan Mardin Manurung, yang akan turut serta dalam Pilkada Serentak tanggal 9 Desember mendatang telah ditetapkan menjadi Kandidat.
Ketua KPU Provinsi Papua, Adam Arisoy kepada sejumlah jurnalis mengatakan proses tersebut sudah selesai, memang ketika pasangan tersebut mendaftar, terdapat persyaratan yang kurang yakni B2, B3 dan B4 yang tidak ditandatangani DPC Hanura Pengunungan Bintang.
“Sehingga saat itu ditolak KPU, tetapi  dimasa perbaikan dari tanggal  8 – 14 Agustus sudah dilakukan perbaikan melalui sidang musyawarah Panwas dan sudah diterima KPU, maka hal itu tidak ada masalah lagi,” kata Arisoy, Selasa (01/09/2015).
Dikatakan, setelah masalah itu Ketua DPC Pengunungan Bintang langsung dicopot dan digantikan dengan pelaksana tugas DPC Hanura, sehingga B2, B3, B4 yang tadinya tidak ditandatangani Ketua DPC yang lama, kini telah ditandatangani ketua yang baru.
“Formulir itulah yang diberikan kemudian kepada KPU dan Panwaslu, sehingga melalui sidang pelno Panwaslu sudah dinyatakan sah,” ujarnya.
Sebelumnya, Ketua DPD Bara JP, Pendeta Diben Elabi ke sejumlah jurnalis memprotes protes keras dan menegaskan kepada KPU Pegunungan Bintang yang telah melanggar aturan sesuai dengan Undang Undang nomor 9 tahun 2015 tentang tahapan-tahapan verifikasi para calon kandidat Bupati.
Menurutnya, salah satu pasangan Jacobus Wayam dan Mardin Manurung menjadi balon Pilkada di Pegunungan Bintang diduga tak melalui prosedur, yang tadinya tidak mendaftar saat tahapan awal di KPU Pegunungan Bintang.
“Tapi kenapa tiba-tiba telah ditetapkan menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati. Tidak ada rekomendasi dari partai politik yang mengusung mereka yaitu partai Hanura. Ketua DPC tidak berikan surat rekomendasi pengusungan calon tersebut,” kata Elabi, Minggu (30/08/2015) malam.
SELASA, 1 SEPTEMBER 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...