KSM di Dua Kabupaten di Maluku Belum Terima Dana PKH

AMBON — Pembagian Dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 6 yang diperuntukan untuk Keluarga Sasaran Miskin (KSM) di dua kabupaten di Provinsi Maluku, hingga sekarang belum juga direalisasikan oleh pihak PT Giro dan Pos Kota Ambon. Dua kabupaten itu adalah kabupaten Buru dan Kabupaten Seram Bagian timur (SBT).
Menyangkut hal ini Manager Giro dan  Penyaluran Dana PT Pos Ambon, Merisa Ageni Kamaru yang dikonfirmasi Cendana News di Ambon Kamis (3/9/2015) beralasan, dana PKH untuk dua kabupaten itu belum direalisasikan karena luas wilayahnya cukup besar. Sehingga tidak mudah untuk menyelasaikan atau menyalurkan dana pemerintah ke Keluarga Sasaran Miskin (KSM) di dua kabupaten tersebut.
“Untuk KSM yang ada di dua Kabupaten itu sudah sebagian besar telah mendapatkan dana pemerintah yang mana disalurkan oleh Kementrian sosial RI,” katanya.
Disebutkan, untuk Kabupaten Buru sebanyak 2.648 KSM, dan Kabupaten SBT 3.199 KSM, dengan besar anggarannya berbeda-beda atau variatif.
“Kabupaten Buru sebesar Rp.2.631,237,500 dan Kabupaten SBT sebesar Rp.3.778.525.000,” sebutnya.
Kamaru berjanji, dana PKH untuk kedua kabupaten itu tetap akan direalisasaikan oleh PT Pos di dua Kabupaten tersebut dengan benar, serta dalam pembagian akan berjalan sesuai data yang sudah diperoleh dari Kemsos RI.
“Bulan ini, dana PKH tahap 6 sudah pasti akan selesai dibagi ke seluruh KSM yang ada di dua Kabupaten tersebut,” katanya.
Sementara itu, untuk sebanyak 116 orang anak telah menerima bantuan dana orang cacat (OC). Dana ini berasal dari Kemensos RI ke Pos untuk disalurkan untuk mereka yang berhak atau sudah terdata namanya.
“Dana yang diberikan oleh Kemsos RI ke Pos Ambon sebesar Rp.1.39.200.000, untuk setiap anak cacat berhak mendapatkan bantuan dana sebesar Rp.1.200.000,” tutupnya.
KAMIS, 3 September 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Foto            : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...