KSOP Imbau Pengguna Jasa Transportasi Laut Tingkatkan Keselamatan

BALIKPAPAN — Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Balikpapan telah mengirimkan surat edaran kepada jasa transportasi pelayaran untuk meningkatkan keselamatannya terkait dengan kabut asap yang terjadi selama dua pekan ini.
Menurut Sugeng Wibowo, Kepala KSOP Balikpapan, surat edaran yang diberikan ke pengguna jasa transportasi bertujuan agar mereka yang mengemudikan lebih memperhatikan keselamatan, karena kabut asap yang ada kini makin pekat. 
” Kita buat surat edaran sejak 16 September kemarin, sekarang sudah diedarkan ke transportasi pelayaran untuk menghindari kecelakaan saat pelayaran,” katanya, Jumat (18/9/2015).
Hingga kini tidak ada pelayaran yang terganggu akibat kabut asap karena jarak pandang masih bisa digunakan berlayar oleh transportasi pelayaran. 
” Sekarang belum ada yang terganggu pelayaran dan masih berjalan normal,” sambung Sugeng di ruang kerjanya.
Ia menyebutkan apabila jarak pandang sudah tidak dapat terlihat sekitar 300 meter atau dari 3 kali panjang kapal yang dikemudikan maka pengemudi transportasi laut harus menunda dahulu pelayarannya.
Namun, hingga kini belum ada kapal yang menunda pelayaran karena dari BMKG untuk pelayaran masih jarak aman. Kendati demikian, Ia tetap menghimbau melalui surat edarannya untuk tetap mengutamakan keselamatan dan berhati-hati selama melakukan pelayaran. 
JUMAT, 18 September 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...