Kualitas Jalan di Kabupaten Manggarai Terus Alami Peningkatan

salah satu pembangunan jalan di Manggarai
FLORES — Badan Pusat Statistik (BPS) merilis kualitas jalan di Kabupaten Manggarai, Flores, NTT, terus mengalami peningkatan pada beberapa tahun terakhir. Hal tersebut berdasarkan data statistik perhubungan terbaru yang dirilis Kabupaten Manggarai melalui situs web-nya, manggaraikab.bps.go.id
Adapun indikator yang digunakan BPS terkait dengan hal ini adalah panjang jalan menurut jenis permukaan dan tingkat kewenangan. Jenis permukaan mencakupi hotmix, aspal, kerikil dan tanah. Sedangkan berdasarkan tingkat kewenangan meliputi jalan negara, jalan provinsi dan jalan kabupaten. 
“Secara umum terjadi peningkatan kualitas jalan di tahun 2014 dibanding tahun 2013,” tulis di web BPS Kabupaten Manggarai.
Peningkatan kualitas dari tanah menjadi hotmix terjadi pada jalan negara di wilayah utara Kabupaten Manggarai, yakni Kecamatan Reok dan Reok Barat, mencapai sebesar 13,18 persen. BPS mencatat, kenaikan persentase kualitas ini menunjukkan bahwa keseluruhan jalan negara di Kabupaten Manggarai telah memiliki permukaan hotmix.
Peningkatan kualitas sedikit terjadi pula pada varian jalan kabupaten. Permukaan jalan kabupaten pada tahun 2014 telah dilakukan hotmix sebesar  7,38 persen. Persentase ini sedikit lebih tinggi daripada tahun 2013 sebelumnya yang hanya mencapai 6,82 persen. Hal yang sama juga terjadi pada permukaan jalan beraspal. Permukaan jalan beraspal persentasenya meningkat menjadi 71,34 persen pada tahun 2014 dari sebelumnya hanya 66,45 persen pada tahun 2013.
Meningkatnya persentase kualitas jalan berpermukaan hotmix dan aspal ini berbanding terbalik dengan tingkat persentase jalan kabupaten berpermukaan kerikil dan tanah. Keadaan pada tahun 2013 masing-masing mencapai 15,93 persen untuk jalan berpermukaan kerikil dan 10,80 persen jalan berpermukaan tanah. Perubahan menurun terjadi pada tahun 2014. Jalan berpermukaan kerikil menjadi hanya 12,92 persen, sedangkan yang berpermukaan tanah turun hingga 8,36 persen.
Yang tidak mengalami perubahan adalah varian jalan provinsi. Kondisi jalan provinsi pada tahun 2014 masih seperti pada tahun 2013 sebelumnya, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. BPS Kabupaten Manggarai mencatat persentase kualitas jalan provinsi selama dua tahun tersebut terus bertengger di angka 34,50 persen.
Pantauan Cendana News, perubahan pada bidang pembangunan infrastruktur jalan tampak terjadi selama sekitar 5 tahun terakhir di wilayah Kabupaten Manggarai. Banyaknya pembukaan jalan kabupaten baru yang diikuti dengan peningkatan status ke telford dan aspal antara lain telah membuka sekat isolasi ke hampir semua kampung.
SELASA, 29 September 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Foto            : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...