Lakesma dan KSR Universitas Brawijaya Gelar Donor Darah

Donor darah
MALANG — Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI),Lembaga Kesehatan Mahasiswa (Lakesma) dan Korps Sukarela Universitas Brawijaya (KSR UB) menggelar kegiatan sosial donor darah yang Bertempat di Gazebo FKUB.
Menurut Ervin salah satu panitia perwakilan dari Lakesma menjelaskan bahwa donor darah ini merupakan kegiatan rutin tahunan dari Lakesma dan KSR. 
“Sering kita dengar di rumah sakit sering terjadi kekurangan stok darah, oleh karena itu salah satu tujuan diadakannya kegiatan donor darah ini adalah untuk membantu PMI mengumpulkan darah yang nantinya akan didistribusikan ke rumah sakit yang membutuhkan persediaan darah,” tuturnya kepada Cendana News, Selasa (22/09/2015). 
Ervin kemudian menjelaskan, manfaat donor darah bagi pendonor diantaranya yaitu menurunkan resiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol, meningkatkan produksi sel darah merah dan menyegarkan tubuh serta pikiran.
“Sekarang kami sudah berhasil mendapatkan 44 kantong darah dari 80 kantong darah yang yang menjadi target kami hari ini,”ucapnya.
Sebelum melakukan donor darah, para calon pendonor terlebih dulu harus mengikuti serangkaian pemeriksaan oleh petugas PMI. Pemeriksaan tersebut diantaranya adalah pemeriksaan tensi dan golongan darah, penimbangan berat badan dan calon pendonor juga akan di beri form yang berisi tentang kondisi kesehatan. Setelah calon pendonor dinyatakan bisa melakukan donor oleh pihak PMI, selanjutnya calon pendonor baru bisa mendonorkan darahnya.
“Pendonor tidak hanya berasal dari mahasiswa UB, masyarakat umum yang ingin mendonorkan darahnya juga bisa dilakukan disini, ” ungkapnya.
Kegiatan sosial donor darah ini sendiri hanya berlangsung sehari mulai pukul 07.30 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB.

SELASA, 22 September 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...