Langgar Aturan, Ratusan APK Pilkada di Manado Dibongkar Satpol PP

MANADO — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Manado menertibkan ratusan alat peraga kampaye (APK), milik pasangan calon kepala daerah yang masih terpasang di sejumlah sudut kota di Manado. APK ini ditertibkan karena terpasang di sembarang tempat, dan bukan dibuat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), sehingga diturunkan paksa oleh Pol PP pada Senin (07/09/2015). 
Petugas Satpol PP terpaksa mencabut Baliho dan Spanduk milik calon Petahana Wali Kota Manado, yang terpasang dipagar rumah warga yang tersebar di sejumlah sudut Kelurahan. Selain milik calon Walli Kota petahana, Petugas juga menurunkan baliho pasangan calon Gubernur Sulut yang masih banyak bertebaran di sejumlah titik di kota Manado. Selain itu, juga mencabut ratusan Pamflet pasangan calon yang tertempel di dinding dan pagar rumah warga dan pertokoan, yang dinilai tidak sesuai dengan aturan, dan merusak pemandangan kota.
Kepala Satpol PP melalui anggotanya, Alex menyebutkan, penertiban dilakukan karena pemasangan APK ini sudah melanggar aturan. Dimana tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pemasangan APK hanya bisa dilakukan dan difasilitiasi oleh pihak KPU, dan jika tidak melibatkan KPU maka baliho dan spanduk akan dibersihkan dan ditertibkan. 
“Ini sudah melanggar aturan karena tidak melibatkan KPU sehingga kami turunkan paksa agar keindahan kota tertap terjaga dengan baik” ujar Alex.
Sementara itu, sesuai instruksi dari KPU setempat kepada seluruh tim pemenangan pasangan calon Pilkada, untuk menurunkan APK sejak 27 Agustus 2015 lalu, namun hingga saat ini,  peringatan dari KPU tidak diindahkan oleh pasangan calon Pilkada dan tim pemenangannya, sehingga Pol PP mengambil tindakan dengan membersihkan Baliho dan APK dari seluruh pasangan calon Pilkada, termasuk dari pasangan calon Petahana.

SENIN, 7 September 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...