Lapangan Pancasila Semarang Jadi Tempat Favorit Anak-anak

Lapangan Pancasila
SEMARANG — Di kota Semarang, Jawa Tengah, kurang lengkap rasanya jika belum mampir ke salah satu pusat keramaian yang lokasinya terletak di pusat kota, yaitu kawasan Simpang Lima. 
Di seputaran kawasan Simpang Lima tersebut banyak ditemui berbagai fasilitas dan aneka macam kebutuhan warga masyarakat, mulai dari Masjid Baiturrahman, pusat perbelanjaan, hotel berbintang, aneka kuliner, dan Lapangan Pancasila tempat olah raga dan pusat tempat bermain untuk anak–anak. Sedangkan untuk dewasa disediakan lapangan basket dan lapangan Voli..
Sejak April 2015 lalu, lapangan Pancasila Simpang Lima dijadikan tempat bermain anak – anak, Pemkot Semarang dalam hal ini telah membangun lapangan tersebut sedemikian rupa, sehingga membuat anak – anak betah berlama – lama bermain dengan aman dan nyaman. Beberapa fasilitas baru dibangun untuk anak – anak antara lain ayunan, perosotan, halang rintangan, jangkat – jungkit. 
Pemkot Semarang sekarang sedang ” ngebut ” membangun taman kota di lapangan Pancasila Simpang Lima untuk menambah keindahan dan keasrian, agar tidak terkesan gersang dan tidak terawat.
Dari pengamatan Cendana News, setiap menjelang sore hari, satu per satu pemilik kendaraan mainan sewaan mulai berdatangan, mereka terlihat menurunkan berabagai macam kendaraan mainan dari mobil pick up nya. Kalau sudah siap, tak berapa lama kemdian mereka akan menyewakan berbagai jenis kendaraan mainan kepada anak – anak dengan tarif terjangkau.
Harga sewa tiap – tiap jenis kendaraan mainan pun bervariasi, mulai Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 / 30 menit. Macamnya antara lain becak kayuh, sepeda kayuh, sepeda motor mini, mobil – mobilan mini, sepatu roda, sepeda listrik dan masih banyak lagi jenis mainan sewaan lainnya.
Supangat, salah satu pemilik kendaraan mainan anak – anak mengatakan, setiap menjelang sore, dia dibantu beberapa karyawan akan menyiapkan berbagai jenis kendaraan yang nantinya akan disewakan kepada anak-anak. 
Supangat menerangkan, dulu awalnya sebelum banyak saingan, omzet pendapatan rata – rata dari menyewakan kendaraan mainan anak – anak per harinya sekitar Rp. 1.000.000, sekarang setelah banyak saingan, penghasilan turun tinggal separuhnya.
Salah satu pengunjung, Citra menuturkan, dirinya datang ke Lapangan Pancasila untuk membawa anaknya dan suaminya untuk menikmati akhir pekan.
Citra mengaku sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemkot Semarang, menurutnya jaman sekarang, sudah  jarang ditemui tempat bermain anak – anak yang lokasinya berada di tengah kota seperti ini, semoga kiranya dapat dijadikan contoh untuk kota – kota lainnya.
Aneka mainan dan kendaraan sewa
MINGGU, 27 September 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...