Lebih dari Seminggu Diculik, 2 WNI Dibebaskan Tanpa Syarat

adar yang akan dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda  Papua, Kota Jayapura
JAYAPURA — Sudirman (30) dan Badar (29) dibebaskan tanpa syarat oleh kelompok bersenjata wilayah Victoria, Distrik Bewani, Provinsi Sandaun, Papua New Guinea (PNG). Hal tersebut ditegaskan Konsul RI untuk Vanimo, PNG.
“Saya baca koran di Vanimo, banyak benar ceritanya dan aneh. Sampai sekarang tidak ada tuntutan sama sekali, makanya aneh yang saya baca selama ini di media,” tegas Lubis kepada jurnalis di perbatsan RI-PNG, Jumat (18/09/2015).
Menurutnya, salah satu WNI atas nama Badar yang jalan terpincang-pincang, akibat terjatuh di hutan saat ditangkap pertama kali. “Sampai saat ini prioritas kami keselamatan warga ini, sedangkan yang lainnya, nanti ditahap berikutnya baru dibahas lagi,” ujarnya.
Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan dua WNI ini terlihat tidak ada tanda-tanda penganiayaan terhadap mereka. Sehingga, menurutnya, langkah awal yang dilakukan adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh terhadap dua warga negara Indonesia yang baru dibebaskan tersebut.
“Hari ini kami harus cek fisik kondisi kesehatan kedua warga ini di Rumah Sakit Bhayangkara, serta kondisi psikologisnya. Nantinya, kami juga akan minta keterangan dari kedua saudara kita ini terkait apa yang telah terjadi, tapi tidak hari ini,” kata Waterpauw.

SABTU, 19 September 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...