Lemhanas dan korem 072 PMK Yogyakarta Bahas Nasionalisme di Daerah

YOGYOKARTA — Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), melakukan kunjungan kerja ke Markas Komando Resimen 072 Pamungkas (PMK), Yogyakarta, Selasa (1/9), siang. Begitu tiba di Makorem 072 PMK Yogyakarta itu, Komjen Pol Suhardi Alius yang memimpin rombongan tim dari Lemhanas langsung mengadakan pertemuan tertutup dengan Komandan Korem 072 PMK, Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono.
Usai melakukan pertemuan tertutup selama kurang lebih 2,5 jam, Sekretaris Utama Lemhanas, Komjen Pol Suhardi Alius yang memimpin langsung kunjungan Tim dari Lemhanas di Markas Korem 072 PMK Yogyakarta tersebut menjelaskan, pertemuan dihadiri oleh sejumlah pejabat militer di lingkungan TNI merupakan upaya Lemhanas untuk mengidentifikasi seberapa jauh kualitas rasa nasionalisme di daerah.
Suhardi memaparkan, identifikasi dilakukan dengan cara menggali dan menganalisis isu-isu yang berkembang di daerah dan hasil dari analisis itu kemudian ditujukan untuk melahirkan produk rekomendasi Lemhanas untuk menghadapi berbagai permasalahan sosial yang mempengaruhi kehidupan berbangsa dan bernegara, seperti narkoba, politik dan terorisme. Penyelesaian masalah akan mengedepankan kearifan lokal, sehingga bisa mencegah terjadinya konflik sosial yang lebih melebar.

Dalam kunjungan sehari di Makorem 072 PMK Yogyakarta, Suhardi juga mengatakan jika kunjungan yang dilakukannya tidak hanya di Yogyakarta. Melainkan juga ke beberapa daerah lain seperti Sumatera Barat dan Gorontalo.

“Diharapkan, dengan upaya kunjungan ke daerah-daerah tersebut produk rekomendasi dari Lemhanas yang dihasilkan mampu bersinergi dengan kearifan lokal yang ada di masing-masing wilayah”, jelas Suhardi, sembari mengimbuhkan jika hasil rekomendasi tersebut nantinya akan disampaikan kepada pemerintah sebagai masukan untuk mengatasi berbagai persoalan negara yang ada di dearah.

SELASA, 1 SEPTEMBER 2015
Jurnalis       : Koko Triarko
Foto            : Koko Triarko
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...