Maria Taramen : Hutan Lindung Di Pulau Bangka Minahasa Utara Terbakar!

MANADO—-Puluhan hektar hutan lindung yang berada di Pulau Bangka, Kecamatan Likupang Timur. Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara Terbakar. Kebakaran mulai terjadi pada Kamis (10/09/2015) malam sekitar pukul 20.00 Wita.
Seorang warga yang tinggal di Pulau Bangka, Maria Taramen, saat menghubungi Cendana News mengatakan, saat ini kebakaran sudah terus meluas, hingga hampir mencapai pemukiman dan beberapa resort dan penginapan yang berada disekitar Pulau Bangka. “hingga pukul 04.00 Jumat (11/09/2015), api sudah terus melebar dan sudah meluas ke hutan lindung yang berada di Pulau Bangka, mungkin sudah lebih dari 10 hektar lahan kering terbakar” kata Maria dengan nada panik.
Maria mengatakan, sampai Jumat (11/09/2015) pagi ini, api belum juga berhasil dipadamkan bahkan sudah lebih meluas ke tiga desa lainnya. Kata Maria ratusan warga dari desa Kahuku dan Ehe sudah membantu memadamkan api tapi api belum bisa dipadamkan, karena api cukup besar dan tidak ada air, sehingga kami sulit memadamkan hutan yang terbakar ini.
Selain itu Maria juga menegaskan, hingga kini warga masih berjuang untuk memadamkan api, yang belum juga kunjung padam “Kami sangat memohon bantuan dari relawan, untuk bisa datang ke Pulau Bangka membantu warga disini memadamkan api” Ujar Maria.
Maria bahkan sesekali berteriak meminta pertolongan warga lain, yang tinggal di pulau seberang untuk datang medamkan api. “saya sampai harus teriak tolong, agar ada warga lain yang membantu, karena hutan yang terbakar sudah mendekati pemukiman dan resort di sekitar Pulau Bangka” katanya.
Lebih jauh Maria menceritakan, penyebab kebakaran di Pulau Bangka, karena adanya dugaan pembakaran kebun lahan kering yang sengaja dilakukan oleh warga sekitar yang sakit hati terhadap perusahaan tambang yang ada di Pulau Bangka. 
Api saat ini sudah meluas ke tiga Desa yang ada di Pulau Bangka yaitu Desa Lihunu, Libas, dan Kahuku, sedangkan di Desa Ehe saat ini maih aman dari ancaman api.
Sementara itu, hingga saat ini bantuan dari Pemkab setempat belum juga datang untuk memadamkan api, padahal warga dan sejumlah wartawan sudah menghubungi nomor kontak penting pihak terkait untuk bisa membantu warga di Pulau Bangka. 

JUM’AT, 11 SEPTEMBER 2015
Jurnalis   : Ishak Kusrant
Foto         : Ishak Kusrant
Editor       : Sari Puspita Ayu
Lihat juga...