Menikmati Pemandian Sumberingin yang Alami di Kota Malang

MALANG — Satu lagi tempat pemandian yang bisa menjadi tempat tujuan saat berkunjung ke Malang. Berlokasi di desa Waringin Songo Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang terdapat sebuah pemandian “Sumberingin” yang konon sudah ada sejak jaman Belanda.
Tidak sulit untuk bisa sampai ke tempat ini, selain itu akses jalan menuju lokasi pemandian juga sudah cukup baik. Agar bisa masuk ke lokasi pemandian, pengunjung cukup membayar uang untuk tiket masuk sebesar Rp.7.000,- per orang.
Setelah melewati gerbang masuk pemandian, pengunjung akan langsung dihadapkan pada sebuah pohon beringin yang memiliki ukuran yang cukup besar. Dari bawah pohon beringin inilah letak sumber air berada sehingga tempat pemandian ini dinamakan pemandian Sumberingin.
Lokasi pemandian yang di kelilingi pepohonan dengan kondisi tajuk dan dedaunan yang rimbun membuat suasana di dalam lokasi pemandian sangat teduh dan sejuk. Terdapat empat kolam di dalam lokasi pemandian Sumberingin yang dibedakan berdasarkan kedalamannya.
Fasilitas di dalam lokasi pemandian bisa dibilang sudah cukup lengkap. Disini, sudah tersedia fasilitas toilet, kamar ganti, musholla dan warung makan. Selain itu, dengan mengeluarkan uang Rp.3.000,- pengunjung bisa menyewa ban untuk berenang.
Bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke lokasi pemandian, disarankan untuk datang pada hari Sabtu dan Minguu. Karena tempat wisata yang langsung dikelola oleh desa ini hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu.
Menurut Arwan salah satu pengunjung yang baru pertama kali datang ke tempat ini mengaku senang dengan pemandian Sumberingin karena selain lokasinya yang mudah di jangkau, udaranya sejuk karena dikelilingi banyak pohon dan terkesan masih alami.
Tidak jauh dari lokasi kolam pemandian, terdapat sebuah makam dari Ki Abu Nawas yang biasa digunakan pengunjung untuk tempat berziarah pada Bulan Suro.


MINGGU, 13 September 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...