Menteri Agraria Bagikan 15.407 Sertifikat pada Warga di Sulut

TOMOHON — Manteri Agraria dan Tata Ruang Kepala Badan Pertahanan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan, Sabtu (12/09/2015) sore membagikan sebanyak 15.407 sertifikat bagi warga Sulut dan pemerintah daerah serta pihak TNI di kota Tomohon.
Menurut Ferry Musyidan Baldan, pemberian sertifikat hak atas tanah ini merupakan program strategis dari pemerintah pusat tahun anggaran 2015, melalaui Badan Pertanahan Nasional, dan hari ini diserahkan secara simbolis oleh perwakilan yang telah diundang oleh Kanwil Kementrian Pertahanan Sulut berkerjasama dengan Pemerintah kota Tomohon.
Selain itu, Baldan Menghimbau agar penerima sertifikat ini tidak menjual tanah itu, namun dimanfaatkan dengan baik, dan bisa mengagunkan atau menggadaikan ke pihak bank daerah, jika memang masyarakat memerlukan uang. “
Sertifikat itu bisa bapak dan ibu anggunkan ke bank, jika sewaktu-waktu masyarakat kepepet dan memerlukan uang,” ucap Baldan.
Kata Baldan, jika dalam proses kredit dan aggunan di bank, masyarakat kesulitan membayar angsuran, pihak bank tidak berhak menjual sertifikat itu ke pihak lain, tanpa ada persetujuan dari BPN setempat. Karena jika pihak bank menjual sertifikat itu, maka mereka bisa diberikan sangsi sesuai yang diataur dalam peraturan BPN. 
“pihak bank tidak serta merta bisa menjual kembali rumah yang disita oleh bank, jika masyarakat menunggak untuk membayar angsuran, pihak bank harus menjelaskan kepada BPN dan nanti BPN akan membantu masyarakat untuk mencari solusi membayar angsuran itu,” tegas Ferry kepada Cendana News di Tomohon pada Sabtu (12/09/2015).   
SABTU, 12 September 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...