Meski Telat dari Jadwal, APK Mulai Dipasang di Sejumlah Titik di Lamsel

LAMPUNG — Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Provinsi Lampung sudah mulai memasuki tahap pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK). Seperti halnya di Kabupaten Lampung Selatan beberapa petugas dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan terlihat mulai mendirikan APK yang dipasang di titik yang sudah ditetapkan. 
Sesuai jadwal sebetulnya pemasangan APK sudah dipasang sejak tanggal 28 Agustus namun terkendala tekhnis di lapangan APK yang berwujud baliho berukuran sekitar 4 meter x 7 meter baru dipasang.
Menurut Sekretaris KPU Lamsel Thamrin, pemasangan pada hari ini dilakukan di beberapa titik diantaranya di Kecamatan Sidomulyo, Kecamatan Kalianda, Kecamatan Penengahan dan Kecamatan Natar dan secara khusus pada hari ini pemasangan baru dilakukan di Kecamatan Sidomulyo dan Kecamatan Penengahan.
Pantauan Cendana News, pemasangan baliho sebagai APK tersebut dipasang di depan kantor Kecamatan Penengahan Lampung Selatan tepat di pinggir Jalan Lintas Sumatera sore hari. Tiga baliho besar tiga pasang calon yang ikut meramaikan Pilkada Lampung Selatan didirikan menggunakan penopang dari bambu dan dipasang sejajar.
“Kita pasang tiga baliho disaksikan oleh beberapa petugas dari KPU, Panwas serta dari pihak kepolisian Polres Lampung Selatan,”ungkap Thamrin saat ditemui Cendana News di depan kantor camat Penengahan Rabu sore (2/9/2015).
Berdasarkan pantauan CND pemasangan ini agak terlambat dari jadwal sehingga baru pada minggu pertama bulan September dipasang. Gambar pasangan calon dalam bentuk baliho yang dipasang diantaranya pasangan calon nomor urut 1 Sholeh Bajuri-Ahmad Ngadelan Jawawi, pasangan calon nomor urut 2 Rycko Menoza- Eki Setyanto dan pasangan nomor urut 3 Zainudin Hasan-Nanang Ermanto.
Pemasangan baliho yang masing masing mendapat jatah beberapa unit tersebut seolah sebuah simobolisasi semata. Sebab di beberapa wilayah baliho berukuran kecil, pamflet masih bertebaran. Namun banner maupun beberapa alat peraga kampanye yang masih bertebaran di beberapa desa terlihat belum disterilkan oleh pihak terkait.
Sebelumnya oleh KPU Lamsel disebutkan setiap calon bahkan hanya akan memperoleh sebanyak 5 buah baliho bergambar pasangan calon yang akan dipasang di sebanyak 17 Kecamatan di Lampung Selatan.
KPU juga masih akan membagikan sebanyak 520 buah sepanduk yang dipasang masing masing 2 spanduk di setiap desa dan kelurahan. Selain itu sebanyak 289 umbul umbul akan dipasang di sebanyak 17 Kecamatan di Lampung Selatan.
“Tambahan lain KPU juga akan memberikan bahan kampanye seperti selebaran, brosur, pamflet, poster yang dicetak dengan data kepala keluarga di Lampung Selatan sebanyak 250 ribu lembar per bahan kampanye,”ungkap ketua KPU Lamsel Abdul Hafid beberapa hari lalu.
Pemberian bertahap bahan kampanye juga meliputi kaos, topi, mug, kalender, kartu nama, pin, pulpen, payung dan stiker. Semua alat eraga kampanye dan bahan kampanye akan diberikan kepada pasangan secara bertahap dimulai dari alat peraga kampanye secara serentak dan akan dipasang pada tanggal 28 Agustus 2015.

RABU, 2 september 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...