Minggu ini, Universitas Bung Hatta Dikunjungi Tiga Negara

Kunjungan perguruan tinggi dari tiga negara
PADANG  — Universitas Bung Hatta mendapat kunjungan dari tiga perguruan tinggi mancanegara yang berasal dari Gifu University Jepang, Griffith University Australia, dan Hochschule für Angewandte Wissenschaft und Kunst (HAWK) Hildesheim Jerman. Demikian disampaikan Rektor Universitas Bung Hatta Niki Lukviarman saat ditemui diruang kerjanya, Senin (28/09/2015).
Niki mengatakan dalam beberapa minggu ini Universitas Bung Hatta kedatangan tamu dari ketiga negara tersebut yang melaksanakan aktivitasnya di Kampus Prokalamator ini seperti kunjungan Prof. Mutsuhiro Shima Ph.D dan Associate Professor Lee Wah Lim. Ph.D yang datang untuk mempromosikan program beasiswa melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Gifu University Jepang.
“Pada saat bersama juga Universitas Bung Hatta kedatangan Morishita Youji, mahasiswa Gifu University Jepang yang mengikuti program student exchange di Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta sejak 14 hingga 29 September 2015,” jelasnya.
Kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari kerjasama yang telah dijalin oleh Universitas Bung Hatta dengan Gifu University Jepang sejak 2010 dengan program beasiswa melanjutkan studi S2. Mahasiswa Gifu University Jepang ini juga diberi kesempatan untuk memberi perkuliahan di jurusan Sastra Jepang sebagai sarana untuk memotivasi dan berbagi pengalaman kepada mahasiswa.
Kemudian Universitas Bung Hatta mendapat kunjungan dari 6 mahasiswa magister Teknik Sipil dan 1 dosen pembimbing Griffith University Australia yang melakukan studi tour dan mengikuti perkuliahan di jurusan teknik Sipil Universitas Bung Hatta pada 21 September hingga1 Oktober 2015.
Niki, juga menambahkan, Unversitas Bung Hatta mendapat kunjungan dari HAWK Hildesheim Jerman yang diwakili oleh Prof. Dr-Ing, Hans Peter Leimer pada 27 hingga 30 September 2015. Dalam kesempatan itu, untuk membahas tindaklanjut dari kerjasama antara HAWK Hildesheim Jerman dan Universitas Bung Hatta dengan membuat program kegiatan. Kerjasama kedua institusi ini sudah terjalin sejak 1988.
“Selain pembahasan rencana kegiatan workshop dan penelitan, Prof. Leimer juga memberikan kuliah tambahan kepada mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan,” lanjutnya.
Menurut Niki, Universitas Bung Hatta telah banyak mengisi kerjasama tersebut dengan berbagai kegiatan seperti pertukaran dosen dan mahasiswa, riset Rumah Gadang hingga terakhir kunjungan dalam kerangka perayaan sister city Padang-Hildesheim pada Juni 2015 lalu.
“Dengan kedatang berbagai perguruan tinggi bergengsi ini menunjukan Universitas Bung Hatta terus melakukan perkuatan kerjasama dan berkolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi baik dalam mupun luar negeri untuk mencapai visi kampus menjadi perguruan tinggi unggul dan bermartabat menuju universitas berkelas dunia,” pungkasnya.
SENIN, 28 September 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Foto            : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...