Musim Kering Harga Keutuhan Pokok Di Manado Melambung

MANADO — Meski hari raya Idul Adha masih tersisa dua minggu lagi, namun harga kebutuhan pokok di pasar tradisional di Manado, Sulawesi Utara sudah mengalami kenaikan yang sangat drastis. Seperti harga Cabe di Pasar Bersehati, saat Cendana News melakukan pengecekan harga pada rabu (09/09/2015) siang, sudah jauh melambung tinggi dari harga sebelumnya.
Harga cabe kering di pasar Bersehati yang sebelumnya di jual dengan harga Rp 60.00 per kilo, kini sudah naik menjadi Rp 75.000 per kilo, sedangkan harga cabe merah basah pada bulan lalu hanya dijual dengan harga Rp 75.000 kini sudah melambung tinggi menjadi Rp 95.000 hingga Rp 100.000 per kilo.
Selain harga cabe merah, harga cabe hijau juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 20.000 per kilo, kini dijual dengan harga Rp 40.000 hingga Rp 45.000 per kilo
Selain harga cabe, harga kebutuhan pokok lainnya juga mengalami kenaikan yang lumayan tinggi. Seperti bawang putih, dan buah tomat. Bawang putih di pasar tradisional di Manado yang sebelumnya dijual degan harga Rp 16.000 per kilo, kini sudah naik menjadi Rp 25.000 per kilo. Begitupun dengan harga tomat yang juga mengalami kenaikan dari harga Rp 10.000 per kilo kini dijual dengan harga Rp 20.000 per kilo.
Menurut Mansur pedagang yang ditemui Cendana News di Pasar Bersehati, kenaikan harga kebutuhan pokok ini dipicu karena faktor kekeringan yang sudah terjadi sejak tiga bulan terakhir ini, sehingga pasokan dari para petani yang berasal dari Kecamatan Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan terbatas, untuk didistribusikan ke para pedagang dan pengumpul yang ada di pasar, sehingga harga menjadi tinggi. 
“Ini karena masih musim kering, sehingga pasokan berkurang dari petani,” ucap Mansur dalam dialeg bahasa Manado.
Selain itu,  para pembeli meski merasa keberatan dengan kenaikan harga kebutuhan pokok ini, namun mereka sangat membutuhkan sehingga tetap harus membelinya, karena akan digunakan untuk keperluan sehari-hari, sebagai bumbu dapur saat menghidangkan makanan bagi keluarga. 
Bagaimanale kang torang ini so susah kasiang, semua harga serba naik, apa lagi ini kebutuhan pokok naik sekali dia pe harga, kalau bisa pemerintah perhatikan akang pa torang, supaya torang warga bisa bisa menikmati lagi harga yang bisa terjangkau” kata Selvi, seorang ibu rumah tangga dengan bahasa Manado saat ditemui Cendana News di pasar Bersehati pada Rabu (09/09/2015) siang.
Sementara itu, berbeda dengan harga kebutuhan pokok, harga sayur mayur hingga saat ini masih stabil dan belum mengalami kenaikan. Masyarakat berharap kenaikan harga ini bisa segera diatasi oleh Pemerintah, agar masyarakat tidak terus dibebankan dengan berbagai macam kebutuhan rumah tangga yang selalu mengalami kenaikan. 
RABU, 9 September 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...