Pantai Mawun, Kepingan Keindahan Pulau Lombok yang Tersembunyi

MATARAM — Pantai Mawun merupakan satu dari sekian pantai yang dimiliki Kabupaten Lombok Tengah dengan keindahan yang sangat eksotis dengan pasir putih dan air laut yang masih biru dan alami.
Terletak di bagian selatan Kabupaten Lombok Tengah, Pantai Mawu juga merupakan salah satu pantai yang masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Resort program Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia era pemerintahan Presiden SBY dan sampai sekarang belum terealisasi.
Layaknya pantai lain di Pulau Lombok, pantai Mawun juga beralaskan pasir putih yang sangat bersih. Lokasi yang jauh dari pusat pemerintahan dan belum banyak dikunjungi dan diketahui wisatawan membuat pantai Mawun nampak kelihatan tetap indah dan bersih sebagai tempat wisata yang paling disukai di antara beberapa objek wisata pantai lain di Kabupaten Lombok Tengah.
Selain pasir putihnya yang mempesona, gradasi warna pantai Mawun juga sangat elok. Hijau di tepian dan makin ke tengah semakin biru. Bagi Anda yang suka fotografi, warna laut ini bisa Anda bingkai dengan cantik dari kamera. Di tengah pantai yang berada di desa Tumpak Kecamatan Punjut Kabupaten Lombok Tengah itu ada sebuah bukit hijau menjulang.
Bukit ini turut menyumbangkan keindahan bibir pantai, di sepanjang pantai Mawun wisatawan bisa duduk santai sambil menikmati gelombang dan deburan ombak yang menghantam dan menyapu apa saja yang terdapat di sepanjang bibir pantai. Gelombang ombak yang besar juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat berselancar terutama bagi wisatawan luar yang senang berselancar.
Tidak heran banyak wisatawan mancanegara yang menjadikan pantai Mawun sebagai destinasi wisata mereka andalan di Kabupaten Lombok Tengah. Selain cocok sebagai tempat berselancar, bagi wisatawan asing yang hobi diving atau snorkling, keindahan biota bawah laut pantai Mawun juga sayang untuk dilewatkan.
Bagi yang ingin mendapatkan view yang lebih eksotis lagi, Anda bisa trekking ke bukit yang mengapit Pantai Mawun. Dari ketinggian itu, kita bisa melihat garis pantai yang berkelok-kelok. Lokasi ini juga cocok untuk mengabadikan sunset yang indah di pantai yang nyaris tak terjamah ini.
Di sepanjang kiri kana jalan menuju pantai Mawun, wisatawan juga bisa berwisata alam persawan yang dipenuhi dengan hamparan hijau tanaman tembakau milik petani, juga menjadi pemandangan sangat indah, sangat cocok dijadikan sebagai objek jepretan camera, lebih – lebih bagi anda yang suka fotografer, dengan objek para petani yang sedang memanen tembakau atau bertransaksi dengan pengepul
Untuk bisa mencapai pantai Mawun, kalau dari Bandara Internasional Lombok sebetulnya jaraknya cukup dekat, sekitar satu jam perjalanan, tapi karena belum adanya tempat penyewaan  rentcar, wisatawan telebih dahulu harus ke Kota Mataram menggunakan Damri atau taksi.
Dari Mataram, Pantai Mawun ini berjarak sekitar 65 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

SABTU, 12 September 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...