Pantai Selong Belanak Lombok dan Hamparan Pasir Putih yang Menggoda

Warga nampak berderet duduk di pinggir pantai Selong Belanak, Kabupaten Lombok Tengah menikmati keindahan suasana sore
Lombok Tengah — Pantai Selong Belanak, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat merupakan satu di antara banyak pantai yang terletak di bagian selatan pulau Lombok yang belum dikelola secara maksimal terutama dari sisi pembangunan infrastruktur. Padahal kalau berbicara soal potensi, pantai Selong Belanak termasuk pantai dengan pasir putih tidak kalah indah dengan pantai lain di Lombok.
Hamparan pasir putih yang terbentang luas di sepanjang pantai dan gelombang air laut yang tidak besar membuat pantai Selong Belanak banyak dikunjungi dan dijadikan tempat mandi oleh warga masyarakat yang bermukim tidak jauh dari pantai maupun oleh wisatawan luar yang memang sengaja datang berlibur.
Lebih mengasikkan lagi, selain bisa berwisata menikmati keindahan pantai, di Selong Belanak, warga maupun wisatawan juga bisa berburu ikan tongkol bakar masih segar di sepanjang pinggir pantai yang disediakan para nelayan dengan racikan bumbu pedes khas Lombok yang siap mengulek – ulek lidah anda dengan harga cukup terjangkau, yaitu enam sampai tujuh ribu perbiji.
Berwisata pantai sambil berburu ikan tongkol bakar di pantai Selong Belanak biasa akan ramai dari pagi sampai siang hari, sementara untuk sore hari nelayan yang menjual ikan tongkol bakar biasanya kurang dan sepi, hanya warung – warung kecil penjual kopi maupun makanan snak yang masih nampak tetap buka dan berjejer di sepanjang pinggir pantai berjualan.
Pantai Selong Belanak Lombok, memiliki pemandangan yang sangat indah dan masih alami untuk dinikmati , selain itu pantai ini memiliki hamparan air laut yang berwarna bening biru kehijauan dan hamparan pasir putihnya yang sangat lembut terbentang luas di sepanjang pesisir pantai. Berbeda dengan jenis pasir putih yang ada di Pantai Kuta , pantai Tanjung An atau Pantai Seger Lombok.
Kelembutan pasir putih yang dimiliki Pantai Selong Belanak Lombok ini akan bisa anda rasakan di kaki jika anda berjalan menyusuri pantai tanpa alas kaki. Selain pasir putihnya yang membedakan Pantai Selong Belanak Lombok dengan pantai lain adalah Pantai Selong Belanak juga memiliki dasar pantai yang berpasir lembut tidak seperti pantai-pantai lainnya yang memiliki dasar yang berbatu karang.
Jika anda melihat Pantai Selong Belanak Lombok dari atas bukit, maka anda akan kagum melihat keindahan pemandangan yang diberikan Pantai Selong Belanak, sangat cocok untuk anda yang ingin keluar dari kebisingan kota.
Menyusuri sepanjang pantai Selong Belanak terutama di sore hari sambil bermain air di bibir pantai yang bersih adalah kenikmatan tersendiri. Gelombang Ombaknya juga landai, karena berada di teluk dan diapit perbukita bagian kiri kanam pantai, tiupan angin semilir pantai juga tidak terlalu kencang.
Selain itu, rasanya kurang lengkap menikmati keindahan pantai Selong Belanak, kalau hanya dinikmati dari bibir pantai. Sekitar dua kilo sebelum sampai pantai wisatawan juga bisa menikmati keindahan pemandangan hamparan pantai dengan pasir putih dan air laut berwarna kebiruan dari atas jalan menanjak. Karena untuk bisa sampai ke pantai Selong Belanak harus melewati jalanan perbukitan menanjak dan tinggi
Sangat cocok bagi para pemburu foto, lanskap Selong Belanak juga sangat indah untuk diabadikan menggunakan kamera terutama dari atas perbukitan, anda akan mendapatkan panorama pantai Selong Belanak dari atas bukit yang indah.  Ya, keindahan pantai Selong Belanak turut disumbangkan tidak hanya oleh birunya laut dan putihnya pasir namun gugusan bukit.
Nah bagi anda yang mungkin merasa penasaran dan tertarik berkunjung dan menghabiskan libur ahir pekan di pantai Selong Belanak, dari Kota Mataram anda bisa berangkat dengan menyewa mobil atau motor. Jalannya mulus dan hanya perlu waktu 2 jam saja.
Pantai Selong Belanak

SABTU, 26 September 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...