Pasar Moderen Diminta Akomodir Produk Industri Lokal

MATARAM — Keberadaan pasar moderen seperti alfamart, indomart dan sejumlah supermarket lain yang beroprasi di Nusa Tenggara Barat diharapkan tidak mematikan keberadaan industri kecil yang ada di tengah masyarakat dan diharapkan bisa mengakomodir hasil produksi industri kecil tersebut melalui pasar moderen yang dikelola.
“Keberadaan pasar moderen tersebut harus berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, dengan mengakomodir berbagai hasil produksi industri kecil yang ada untuk dipasarkan, jangan sampai justru mematikan industri kecil yang ada,” kata Ketua Perhimpunan Pengusahan Muda Sasak (Pedas), Ahmad Juamely di Mataram, Sabtu (12/09/2015).
Karena itu, pengusaha madu dan kaos Lombok tersebut meminta kepada pemerintah daerah NTB membuat regulasi kebijakan yang selain melindungi industri kecil juga mendorong para pengelolan pasar moderen, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk mau mengakomodir hasil produksi industri kecil masyarakat NTB.
Harapan yang sama juga diungkapkan, Haerani pengusaha keripik Ubi asal Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat yang sudah menekuni usaha penjualan keripih ubi semenjak tujuh tahun terakhir. Haerani mengaku dari segi kualitas sebetulnya hasil produksi industri kecil yang dikelola masyarakat cukup bagus, tapi seringkali terkendala soal pemasaran.
“Pemasaran hasil produksi industri kecil yang dikelolah masyarakat selama ini jangkauan pemasaran masih terbatas di tingkat lokal, hanya dari warung ke warung, belum banyak bisa ekspansi sampai keluar untuk dipasarkan dan hal ini juga telah berdampak terhadap nilai jualnya” ungkapnya.
Karena itu, dengan adanya rumah kemasan yang telah dibuat Disperindag NTB, diharapkan bisa meningkatkan daya jual produk-produk industri kecil menengah NTB dan bisa dijual lebih banyak diluar daerah.

Sebelumnya, Gubernur NTB,  Zainul Majdi meminta para pelaku usaha jangan hanya memperhatikan cita rasa makanan semata, tapi juga harus memperhatikan kemasan. Pasalnya dengan kemasan yang baik maka diharapkan bisa terjual dengan banyak dan dipasarkan ke luar daerah.

Ia berharap agar rumah kemasan bisa dimanfaatkan dengan baik, dalam pengembangan produk industri kecil menengah pihaknya juga memfokuskan menciptakan pengolahan di daerah terhadap komoditas yang diproduksi.


SABTU, 12 September 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...