Pasca Diluncurkan di Kaltim, Penjualan Pertalite Capai 20 Ribu Liter

pelaksanaan aktivasi uji pasar ditandai dengan pengisian perdana Pertalite pada kendaraan di SPBU COCO 61.751.02 di Kota Samarinda
SAMARINDA — Penjualan Pertalite di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kalimantan Timur sejak dipasarkan pada 4 September lalu, sudah mencapai lebih dari 20 ribu liter.
Dalam Press conference aktivasi uji pasar General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI Kalimantan Fariz Aziz menjelaskan untuk wilayah Samarinda, Sangata, Bontang, Tenggarong Sebrang, Muara Badak, total penjualan Pertalite sudah mencapai 17.883 liter dalam waktu 3 hari. Sementara Balikpapan khususnya di SPBU Karanganyar berhasil menjual 4.235 liter. 
“Sejak diluncurkan perdana antusias masyarakat cukup bagus. Ini terlihat dari penjualan pertalite capai 20 ribu liter,” katanya saat pelaksanaan aktivasi uji pasar ditandai dengan pengisian perdana Pertalite pada kendaraan di SPBU COCO 61.751.02 di Kota Samarinda, Senin (07/09/2015).
Fariz menjelaskan, sejak diluncurkannya produk pertalite, konsumen pengguna premium di SPBU tersebut turun sebesar 8 persen dan 7 persennya beralih ke Pertalite, sementara 1 persennya beralih ke Pertamax. 
“Artinya, ada pengalihan konsumen premium ke pertalite sebanyak 7 persen, sedangkan konsumen Pertamax tetap loyal pada produk pertamax series” sambung Fariz.
Sementara di wilayah Balikpapan sebelum adanya Pertalite, konsumsi premium di SPBU Karanganyar mencapai 88 persen dari total penjualan varian BBM Gasoline (pertamax dan premium) di SPBU tersebut, sedangkan persentase penjualan pertamax adalah 12 persen dari total penjualan. Setelah di luncurkan Pertalite, terjadi peralihan pengguna premium ke pertalite sebesar 8 persen sedangkan premium ke Pertamax sebesar 2 persen.
Hal itu dapat di tunjukan dari jumlah penurunan persentase penjualan premium di SPBU tersebut yang semula dari 88 persen menjadi 78 persen. Sedangkan kenaikan presentase penjualan pertamax menjadi 14 persen. sedangkan untuk konsumsi pertalite sendiri telah mendapatkan porsi 8 persen dari total penjualan SPBU tersebut.
SENIN, 7 September 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...