Pasca Gempa, TNI AD Kerahkan Bantuan untuk Warga Kota Sorong

TNI AD membantu perawatan medis di tenda medis Kota Sorong
JAYAPURA — Pasca gempa yang terjadi di Sorong, Papua Barat, Jumat (25/09/2015) dini hari yang mengakibatkan sekitar 44 orang luka-luka dan 200-an lebih rumah, toko, kantor BUMN dan Pemerintah setempat alami kerusakan. Pihak Kodam XVII Cenderawasih membangun tenda penampungan di kampung Aimas, Kota Sorong, Papua Barat.
Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII Cenderawasih, Letkol Inf Teguh Pudji Raharjo mengatakan, pihaknya telah menurunkan personil dan perlengkapanya untuk membantu korban dengan mendirikan tenda penampungan bagi masyarakat yang rumahnya tidak bisa ditempati dan antisipasi gempa susulan.
“Selain itu juga kami bangun tenda lapangan di RSUD Sorong untuk perawatan, karena korban trauma dirawat di gedung Rumah Sakit serta membantu tenaga medis untuk mengobati masyarakat yang terluka dan melakukan evakuasi korban,” kata Teguh, Jumat (25/09/2015).
Dikatakan Teguh, saat ini data yang diperoleh Kodam Cenderawasih sementara terdapat 44 orang luka-luka dan 257 rumah rusak. Para korban luka kini dirawat di Rumah Sakit Sele Be Solu, Sorong.
“Belum ada korban tewas dan kami masih terus pendataan. Korem 171/PVT Sorong juga telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sorong dan BPBD Provinsi Papua Barat, yang pagi tadi sudah langsung bergerak dari Manokwari ke Sorong,” ujarnya.
Pasca-gempa, lanjutnya, para anggota TNI dari Korem dan Kodim berpatroli, untuk memberikan bantuan kepada para korban. Siang ini akan diadakan rapat gabungan antara Pemda, BPBD, dan Korem 171/PVT.
“Kami juga telah mendirikan tenda lapangan di KM 12 Kota Sorong, untuk perawatan dan tempat tinggal sementara para korban,” bebernya.
Dikatakan Teguh, saat ini warga Sorong terus memadati  tenda-tenda pengungsian, karena banyak warga ketakutan adanya gempa susulan dan memilih tinggal di luar rumah atau di tenda pengungsian.
“Gempa bumi berkekuatan 6,8 Skala Richter menggetarkan Kota Sorong, Papua Barat, namun tidak berpotensi tsunami,” tuturnya.
Rumah warga yang roboh akibat gempa

Rumah warga yang roboh akibat gempa di Kota Sorong

Tenda Penampungan yang dibangun TNI AD
JUMAT, 25 September 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Pendam XVII Cenderawasih
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...