Pelajar di Mataram Bantu Warga Bersihkan Sampah Sungai

MATARAM — Ratusan siswa – siswi Kecamatan Ampenan, Kota Mataram secara beramai – ramai melakukan bakti sosial dan gotong royong membantu warga Kecamatan membersihkan tumpukan sampak yang terdapat di sepanjang bantaran Sungai Jangkuk maupun yang tergenang di tengah sungai.
Anita, siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) asal Kelurah Banjar mengatakan, keterlibatannya bersama teman siswa – siswi lain melakukan bakti sosial, bergotong royong membantu warga membersihkan tumpukan dan genangan sampah merupakan bagian dari peran serta siswa menjaga kebersihan lingkungan, terutama sungai dari pencemaran.
“Menjaga kebersihan lingkungan, termasuk menjaga sungai dari pencemaran akibat sampah, kan merupakan tanggung jawab kita bersama warga masyarakat lain, termasuk juga siswa dan siswi dengan tidak membuang sampah secara sembarangan,” kata Anita di bantaran Sungai Jangkuk Ampenan, Jum’at (11/8/2015).
Anita pun mengajak kepada seluruh pelajar, khususnya di Kota Mataram untuk secara bersama – sama mengkampanyekan menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah secara sembarangan, supaya tidak menimbulkan pencemaran dan penyakit.
Terpisah, Sekretaris PKK Kelurahan Banjar, Ampenan Kota Mataram, Indraningsih  mengatakan, sampah di Kota Mataram selama ini memang menjadi permasalahan yang belum sepenuhnya mampu ditangani, disamping karena faktor keterbatasan bak penampung, juga karena kesadaran masyarakat yang masih sangat kurang akan pentingnya menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.
“Permasalahan sampah bukan hanya persoalan kebijakan pemerintah, tapi kesadaran masyarakat juga menjadi kunci bersama dalam upaya mengatasi masalah sampah yang terjadi di Kota Mataram” ungkapnya.
Lebih lanjut Inde mengaku, di Kelurahan Banjar Ampenan sendiri, sampah – sampah yang dihasilkan tidak dibuang, tapi diolah menjadi berbagai kerajinan bernilai ekonimos dengan melibatkan warga setempat, semisal membuat keranjang, tempat buah, tas dan beberapa jenis kerajinan lain.
JUMAT, 11 September 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...