Pemkab Tanah Datar Sumbar Liburkan 81 Ribu Siswa

Pengujian kualitas udara
TANAH DATAR/ Sumbar — Kabut asap yang melanda Sumatera Barat (Sumbar) membuat beberapa daerah meliburkan siswanya. Salah satunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar yang terpaksa meliburkan 81.000 siswa dari jenjang SD, SMP hingga SMA. Dikarenakan kondisi udara yang semakin tidak sehat.
 “Hari ini hingga tiga hari kedepan seluruh siswa kami liburkan. Karena laporan dari Dinas Kesehatan sudah banyak warga yang menderita ISPA,” ujar Bupati Tanah Datar M. Shadiq Pasadigoe, Kamis (10/9/2015).
Shadiq juga meminta siswa yang diliburkan, agar diperhatikan oleh orang tua. Dan sedapat mungkin menghindari aktivitas diluar rumah karena kabut asap dapat membahayakan anak-anak.
Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Tanah Datar Indra Kesuma menjelaskan, sebanyak 81 ribu siswa diliburkan dari Kamis, 10 September, hingga Sabtu, 12 September 2015.
Keputusan ini terpaksa diambil setelah adanya pengukuran indeks standar pencemaran udara di Tanah Datar, yang menunjukkan tingkat konsentrasi aerosol atau partikel debu (PM10) 322 mikrogram per meter kubik atau dengan kategori sudah sangat tidak sehat
Menurut Indra, dari data yang ia dapat, masyarakat yang terdampak kabut asap terus meningkat.
 “Jumlah penderita ISPA yang berobat ke puskesmas terus meningkat,” ujarnya.
Meski keputusan untuk meliburkan sekolah baru mulai hari ini, Indra sudah mendapatkan laporan dari para kepala sekolah bahwa banyak guru dan siswa yang minta izin tidak masuk sekolah karena menderita batuk-batuk dan sakit tenggorokan akibat kabut asap.
Ia juga menjelaskan, keputusan meliburkan itu memiliki konsekuensi agar para siswa tetap mendapatkan haknya dalam proses belajar mengajar. Ia mengnstruksikan pihak sekolah untuk memberikan pekerjaan rumah.
“Sudah kita instruksikan guru-guru dan kepala sekolah untuk memberikan PR kepada anak-anak,” pungkasnya.
KAMIS, 10 September 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Foto            : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...