Pendaftaran Ditolak, Bakal Calon Gubernur Gugat KPUD Sulut

MANADO — Bakal calon Gubernur dari Partai Golkar, Elly Engelbert Lasut atau yang sering disapa E2L, menggugat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut. Gugatan E2L resmi didaftarkan pada rabu (02/09/2015) siang di kantor Bawaslu Sulut yang terletak di Jalan Trans Winangun, Manado.
Elly  yang juga merupakan Mantan Narapida di coret namanya menggugat KPU Sulut karena yang bersangkutan dan tidak di akomodir oleh KPU Sulut, saat pengumuman calon Gubernur Sulut pada akhir september lalu. Oleh KPU Sulut, Elly dinyatakan belum layak mengikuti Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 mendatang, karena status Elly masih bebas bersyarat, yang dikeluarkan oleh pengadilan setempat. Namun Elly yang juga mantan Bupati Kabupaten Kepuloan Talaud itu tetap berkukuh bahwa dirinya sudah bebas murni sehingga haknya untuk mengikuti Pilkada serentak tidak bisa dihalangi.
Elly yang didampingi Tim pemenangan, mendatangi kantor Bawaslu Sulut sekitar pukul 11.00 Wita. Elly membawah sejumlah dokument gugatan dan bukti berkas calon Kepala daerah lain yang juga berstatus mantan Napi, namun lolos verifikasi KPUD setempat. Berkas yang dimasukkan Elly diterima oleh dua tim Asisten Bawaslu Sulut.
Elly Lasut Berharap, gugatan ini membuka peluang bagi dirinya untuk bisa maju menjadi calon Kepala Daerah pada  Pilkada Gubernur Sulut mendatang. “Saya bekenyakinan gugatan saya bisa diterima oleh Bawaslu Sulut karena bukti ini sudah cukup untuk menyatakan saya bisa mengikuti Pilkada” tegas Elly.
Setelah berkas Elly diterima, Bawaslu akan memverifikasi kelengkapan dokument gugatan hingga tiga hari kedepan. Jika memenuhi syarat Bawaslu akan menggelar sidang pleno gugatan Pilkada yang prosesnya memakan waktu 12 hari.
Selain mengajujan gugatan ke Bawaslu, pasangan Elly Lasut – Bobby David Bobihoe juga akan mengajukan guguatan yang sama ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) atas sikap Komisioner KPUD Sulut yang menurut Elly telah merampas haknya untuk bisa mengikuti Pilkada.
Seperti diketahui, KPU Sulut tidak meloloskan pasangan Elly dan David setelah Komisioner KPUD Sulut telah melakukan verifikasi ke Kemenkuham dan hasil Kemenkuham menurut KPUD, Elly lasut masih berstatus bebas bersyarat hingga Agustus 2016. 
Daftarkan Gugatan ke Bawaslu

RABU, 2 september 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...