Perayaan Idul Adha di Tolikara Papua Berlangsung Aman

Menteri Sssial RI saat berikan hewan kurban ke Bupati Tolikara
JAYAPURA — Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1436 Hijriah di Karubaga, Kabupaten Tolikara berlangsung aman dan penuh khidmat. Keamanaan dijaga ketat TNI Polri, yang dipimpin langsung Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Hinsa Siburian dan Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw.
Pelaksanaan hari raya Idul Adha 1436 Hijriah di ibukota kabupaten Tolikara tersebut juga dihadiri Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa yang sebelumnya telah memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp 316 juta,  persesmian Rumah Kios (Ruki) dan Mushola serta berikan sumbangan hewan sapi untuk dikurbankan.
Dari sejumlah data dan informasi yang dikumpulkan media ini, sekitar lima ratusan masyakarat menghadiri perayaaan Idul Adha di ibukota kabupaten tersebut. Sholat Idul Adha yang berlangsung di mushola Koramil Khairul Ummah dipimpin Iman Syekh Aleh Shaleh Muhammad Ali Djabir dan bertindak sebagai khotib, Fadlan Germatan.
Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa kepada sejumlah wartawan mengatakan realita yang ada di Kabupaten Tolikara saat ini bahwa masyarakat yang beragama islam sudah bisa melaksanakan ibadah dengan aman, mushola pun telah diresmikan.
“Proses kehidupan antar umat beragama yang kemarin sempat ada insiden 17 juli, saya ingin menyampaikan bahwa Alhamdulilah semua sudah bisa terkomunikasi dengan baik, proses rekonsiliasi dan rekontruksi juga sudah berjalan dengan baik,” kata Khofifah.
Harapannya, lanjut Khofifah, semoga kedepan suasana seperti ini tetap terjalin dan terbangun harmonis sehingga dinamika masyarakat di tolikara. “Dan dimana saja di negeri kita akan berjalan secara harmonis,” ujarnya.
Pangdam XVII Cenderawasuh, Mayjen TNI Hinsa Siburian mengatakan pihaknya telah siagakan satu kompi. “Sifatnya kalau nanti diminta Kapolda Papua,” kata Siburian.
Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengaku sehari sebelumnya telah menyiagakan dua pleton anggotanya untuk mengamankan perayaan hari aray Idul Adha di Karubaga, Tolikara.
“Personil gabungan Polres Jayawijaya dan Tolikara, total 340 personil gabungan termasuk Brimob, baik terbuka maupun tertutup, pengamanan utama disekitar Mushola,” kata Waterpauw.
Penjagaan yang diperketat ini, mengingat pada perayaan Idul Fitri 1436 Hijriah, 17 Juli lalu mengalami gangguan keamanan yang berbuntut penembakan. Dalam perayaan Idul Adha kali ini, sejumlah pemuda dari kelompok masyakarat Nasrani maupun Muslim bersama-sama menjaga keamanan saat jemaah Chaerul Ummah melaksanakan sholat Idul Adha.
Pangdam dan Kapolda memimpin langsung keamanan saat Sholat Idul Adha di Tolikara

Gabungan pemuda setempat penjagaan Sholat Idul Adha

Panitia berikan daging kurban ke warga 

KAMIS, 24 September 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...