Permasalahan Visa Selesai, JCH yang Tertunda Segera Diberangkatkan

SURABAYA — Permasalah visa keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) yang menjadi sorotan utama sejak hari pertama keberangkatan, saat ini telah selesai 100 persen. Sebelumnya terdapat 80 JCH di Embarkasi Surabaya yang tertunda keberangkatannya.
“Alhamdulillah, akhirnya Kedutaan Besar Arab Saudi telah mengirimkan semua visa, kemarin 80 orang asal Embarkasi Surabaya sempat tertunda. Dengan demikian dipastikan jemaah calon haji Embarkasi Surabaya semuanya dapat berangkat ke Tanah Suci,” terang HM. Sakur, Kepala Bidang haji Kemenag Jatim, Jumat (11/09/2015).
Sakur menambahkan, memang terjadi banyak keterlambatan dalam hal penerbitan visa bagi calon jemaah haji Indonesia. Karena butuh waktu lebih untuk penyesuaian dengan sistem e-hajj yang baru dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi.
“Memang sistem e-hajj telah disosialisasikan sejak tahun lalu, namun di tengah proses persiapan haji terjadi perubahan yang mengakibatkan kurangnya waktu pemasukan data calon jemaah haji,” paparnya.
Sistem e-hajj berkiblat pada sistem paket data jemaah. Sebenarnya kebijakan ini memudahkan pendataan, namun memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk mendapatkan visa keberangkatan, prosesnya cukup panjang.
“Karena data yang dimasukkan tidak hanya nama, warga negara, alamat, dan foto, tetapi juga maskapai yang digunakan untuk pergi dan pulang, hotel yang ditempati, dan juga perusahaan katering yang dipakai selama menunaikan haji di sana,” teranganya.
Selanjutnya, di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) yang ada 14 jemaah calon haji yang tertahan akibat keterlambatan visa. Dalam hal ini pihaknya juga segera menghubungi para JCH yang masih berada di rumah atau yang tidak tinggal di asrama untuk dilakukan agar mempermudah panitia untuk segera mencarikan kursi tambahan.
“Segera kita hubungi untuk jemaah yang masih dirumah masing-masing. Dan untuk pemberangkatannya, kita carikan kloter yang ada kursi kosongnya,” ucapnya.
Hingga gelombang kedua ini panitia penyelenggara ibadah haji Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan 21.000 JCH ke Tanah Suci. Dan panita haji berharap pada 2016 mendatang, tidak ada lagi masalah mengenai visa dan lain-lain. 
JUMAT, 11 September 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Foto            : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...