Polrestabes Semarang Amankan Pencuri Spesialis Rumah Kos

SEMARANG — Tim Reserse Mobil ( Resmob ) Polrestabes Semarang yang dipimpin langsung oleh Kasubnit I Aiptu Janadi berhasil menangkap Budiyono alias Bodrek ( 28 ) sebagi salah satu spesialis pencuri rumah kos setelah enam bulan beraksi.
Barang buktinya yang berhasil disita aparat kepolisian, adalah sebelas laptop, jam tangan, dua televisi, tiga handphone, mata uang Korea 5000 Won, dua sepeda motor, dua linggis, dan sebuah obeng sebagai alat yang kerap digunakan untuk beraksi.
Dalam keterangan persnya saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang, Kapolrestabes, Kombes Pol Burhanudin mengatakan, pelaku berhasil diringkus pada Senin malam ( 31/08/2015 ) setelah beraksi di salah satu rumah kos jalan Tlogotimun Blok I Nomor 3 daerah Pedurungan kota Semarang.
Burhanudin menambahkan, sebelumnya pelaku sempat beraksi di kamar kos Rizaldo ( 19 ) seorang mahasiswa Undip di jalan Mulawarman Utara II/12 Tembalang, dia dibantu dua orang tekannya, salah satunya Heri alias Gobet ( 30 ) warga Tambak, Bandarharjo, Semarang yang lebih dulu ditangkap oleh Ditreskrimum Polda Jawa Tengah dalam kasus yang sama.
“Sementara teman yang satunya masih diburu,” tegas Burhanudin.
Sedangkan Budiyanto alias Bodrek mengaku dalam menjalankan aksinya, dia dibantu dua orang rekan dengan mengendarai dua sepeda motor untuk menuju ke lokasi sasaran. Untuk membobol rumah korban, dia hana bermodalkan linggis dan obeng.
“Hanya bermodalkan linggis dan obeng, kami lantas mendekati rumah kos yang menjadi sasaran, setelah berhasil mencongkel jendela dan merusak pintu, barulah dua teman saya masuk kedalam kamar, sedangkan salah satu dari kami tetap berada di luar sambil mengamati situasi ” tambah Bodrek.
Komplotan Bodrek Cs keburu ditangkap duluan sebelum mereka berhasil menjual barang – barang curiannya, biasanya mereka mengumpulkan terlebih dahulu barang – barang curian tersebut selama satu bulan. Kemudian baru dijual kepada seseorang, biasanya untuk barang elektronik seperti laptop, per unitnya dijual mulai dari harga 1 juta hingga 1,5 jutaan Rupiah.
Sementara itu, Kasat Reskrim Polrestabes Semarang, AKBP Sugiarto menerangkan, mereka merupakan kelompok spesialis rumah kos, yang sudah lama menjadi Target Operasi ( TO ). Aksi kawanan Bodreks Cs sangat merugikan dan meresahkan masyarakat, saat ini kami masih mengembangkan, apakah ada kemungkinan mereka beraksi di tempat kejadian perkara ( TKP ) lainnya.
KAMIS, 3 september 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...