Pomosikan Program dan Produk Pertanian, Pemkab Lamsel Gelar Pameran

LAMPUNG — Acara pameran pembangunan di Provinsi Lampung bertajuk Lampung  Fair tahun 2015 yang bertujuan sebagai ajang pesta rakyat Lampung di PKOR Wayhalim Bandar Lampung selama satu minggu ini benar-benar dimanfaatkan anjungan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel).
Betapa tidak, untuk pemeran pembangunan tahun ini saja pemkab Lamsel sendiri mengusung konsep on farm dan off farm, dimana anjungan Lamsel menampilkan beberapa produk hasil ekonomi kreatif dan kerajinan dari para pelaku usaha kecil menengah hasil binaan masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Yang mana hal tersebut meliputi sebanyak 7 SKPD, diantaranya dinas pertanian, dinas perkebunan, dinas peternakan, dinas kehutanan, dinas perikanan & kelautan, BP4K dan Badan Ketahanan Pangan.
Menurut Ketua Tim Koordinator Anjungan Lampung Selatan Rini Ariasih mengharapkan kegiatan tersebut dapat mempromosikan produk dari hasil program pertanian yang sudah dilaksanakan dalam beberapa waktu belakangan.
“Kita berharap ajang pameran Lampung Fair ini banyak binaan-binaan kita program ekonomi kreatif nantinya bisa terus berlanjut,”ungkap Rini di Lampung, Rabu (09/09/2015).
Rini menambahkan, selain sebagai sarana media informasi bagi pengunjung anjungan pemkab Lamsel sendiri ditampilkan dalam pameran mereka menitipkan hasil produknya untuk dijual juga dan membantu mempromosikan hasil-hasil produk dari kerajinan masyarakat.
“Mudah-mudahan ada transaksi karena banyak juga hasil produk unggulan dan kerajinan masyarakat seperti madu, wingko babat dan keripik pisang,”ucap Rini.
Untuk diketahui, on farm sendiri menampilkan berbagai program dan komoditas unggulan dari masing-masing SKPD yang dimiliki pemkab Lamsel, seperti sistem Integrasi sawit dan sapi (Siskapi), program Upsus PAJALE (upaya khusus padi, jagung dan kedelai), pengembangan sapi peranakan ongole (PO), budidaya ikan air tawar, pemanfaatan pekarangan sebagai kawasan rumah pangan lestari (KRPL). Dan  semuanya ditampilkan dalam bentuk visual marketnya di anjungan out door milik pemkab Lamsel.
Sementara off farm sendiri menampilkan macam-macam olahan hasil pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan yang ada pada masing-masing kelompok yang sudah mereka (SKPD) bina sendiri selama ini. Seperti pertanian menghasilkan buah-buahan dan sayuran, perkebunan menghasilkan nata de coco, virgin coconut oil, gula kelapa dan kopi, Kehutanan menghasilkan madu, royal jelly, gula aren dan manisan pala, perikanan menghasilkan ikan kering, nugget, ikan dan abon ikan, peternakan menghasilkan susu kambing dan telur asin sementara ketahanan pangan menghasilkan beras siger, beras jagung, aneka keripik pisang, keripik jamur wingko babat dan wingko pisang dan BP4K menampilkan media informasi dalam rangka penyuluhan pertanian dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi petani melalui audio visual leaflet, brosur, dan konsultasi pertanian.
RABU, 9 September 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...