Prasetyo: Kepala Daerah Jangan Takut Dikriminalisasi

MANADO — Jaksa Agung Republik Indonesia Muhammad Prasetyo menegaskan, agar seluruh pejabat di daerah, baik gubernur, walikota dan bupati jangan takut di kriminalisasi dalam menjalankan program pembambangunan di daerah, selama anggaran yang digunakan tidak menyimpang.
Hal ini ditegaskan oleh Prasetyo kepada sejumlah wartawan di Hotel Novotel Manado, Sulawesi Utara, pada Senin (14/09/2015), dalam konfrensi pers pada kegiatan pelatihan bersama penyidik untuk memberantas korupsi. 
Menurut Prasetyo, Kejagung telah membentuk tim mulai dari tingkat pusat hingga ke daerah, yang akan bertugas  untuk melakukan pendampingan dan mengawal pelaksaan pembangunan di daerah yang akan dilakukan oleh gubernur, bupati serta wali kota, sehingga nantinya pemerintah daerah tidak ragu untuk menggunakan anggaran, karena sejak dini tim dari kejaksaan akan mendampingi. 
“Jadi tidak ada lagi itu namanya kriminalisasi bagi pejabat daerah, selama anggaran yang digunakan jelas untuk pembangunan dan kepentingan masyarakat,” ujar Prasetyo.
Selain itu Prasetyo juga menegaskan, dalam melaksanakan tugasnya, Kejaksaan akan lebih mengutamakan penegakan hukum dari pada pencegahan. Jika terdapat kasus didaerah, pihak kejaksaan akan melakukan koordinasi, dengan auditor dan pemerintah daerah, agar tetap terkomunikasi dengan baik, sehingga pembangunan juga berjalan seperti biasa tanpa takut dikriminalisasi, karena salah mengambil kebijakan.  
“setelah pelatihan ini, pihak kejaksaan yang telah masuk tim akan mengawal kasus – kasus didaerah dan akan mendampingi program yang berkaitan dengan pembangunan, sehingga program daerah itu tidak menyimpang,” ucap Prasetyo. 
SELASA, 15 September 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...