Program Hujan Buatan di NTB Fokus di Tiga Kabupaten

Kepala Dinas Pertanian NTB, Husnul Fauzi

MATARAM — Kepala Dinas Pertanian Nusa Tenggara Barat, Husnul Fauzi mengatakan, program hujan buatan pemerintah pusat untuk mengatasi masalah kekeringan yang menimpa ratusan lahan pertanian di NTB dalam beberapa bulan terahir akan difokuskan di tiga Kabupaten, antara lain Kabupaten Lombok Tengah, Sumbawa dan Bima.
“Tiga Kabupaten tersebut menjadi daerah prioritas program hujan buatan Kementerian Pertanian di NTB, karena di daerah tersebut merupakan daerah yang paling terdampak kekeringan” kata Fauzi di Mataram, Selasa (29/9/2015).
Menurut Fauzi, sejauh ini pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan pihak Deputi Penindakan Bencana Pusat mengenai program hujan buatan yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2015 mendatang. Yang akan dilakukan secara bergiliran dengan enam Provinsi lain di Indonesia.
Ia menambakan, sekarang ini pelaksanaan program hujan buatan masih menunggu giliran dari penanganan bencana kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan, karena perhatian pemerintah termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana masih terfokus di sana.
“Keberadaan hujan buatan tersebut nantinya akan sangat efektif dan memiliki peran strategis, terutama kalau pada bulan oktober mendatang tidak ada hujan yang berdampak terhadap musim tanam,” katanya.
SELASA, 29 September 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...