PT. KAI akanTambah Rangkaian KA Ekonomi Jurusan Semarang Jakarta

SEMARANG — Direncanakan menjelang Natal dan Tahun Baru pada bulan Desember 2015, PT. KAI DAOP IV Semarang akan menambah rute perjalanan baru yang diberi nama KA Tawang Mas, untuk relasi Semarang – Jakarta PP. Kereta baru tersebut akan melengkapi tiga kereta yang telah beroperasi terlebih dahulu, diantaranya KA Tawang Jaya, KA Tegal Arum dan KA Menoreh.
“KA Tawang Mas kelas ekonomi dengan relasi Semarang – Jakarta atau sebaliknya, terdiri dari delapan gerbong, dengan kapasitas angkut sebanyak 800 penumpang,”ungkap EVP PT. KAI DAOP IV Semarang, Cipto Susilo Hadi di Semarang, Rabu (02/08/2015).
Disebutkan, untuk KA penumpang kelas ekonomi dengan jurusan Jakarta maupun ke Semarang okupansi penumpangnya masih sangat tinggi, tentu ini merupakan potensi pasar sangat menggiurkan, padahal sebenarnya kami telah mengoperasikan tiga rangkaian kereta api berangkat dari wilayah DAOP IV ke arah Jakarta maupun sebaliknya.

“Namun tampaknya kebutuhan masyarakat akan kereta api dengan harga terjangkau masih membludak,”lanjutnya.

Dia menambahkan, secara prosentase penumpang KA kelas ekonomi masih mendominasi, sebanyak 78 persen, sedangkan sisanya 22 persen merupakan penumpang KA bisnis dan KA eksekutif. Di wilayah kerja DAOP IV, per hari total melayani sekitar 62 perjalanan KA, 12 KA diantaranya murni dioperasikan DAOP IV Semarang.
Sementara itu Supriyanto, sebagai Manajer Humas PT. KAI DAOP IV Semarang yang baru mengatakan, dalam rangka menyambut HUT ke 70, PT. KAI akan memberikan tarif promo harga tiket senilai Rp. 70.000 untuk 70.000 ribu tempat duduk dengan jumlah KA yang disiapkan sebanyak 42 unit, baik di pulau Jawa maupun di pulau Sumatra.
Supriyanto melanjutkan, promo tiket murah tersebut dalam rangka HUT PT. KAI ( Persero ) yang diperingati setiap tanggal 28 September, sedangkan promo tiket murah tersebut mulai berlaku mulai tanggal 7 September hingga tanggal 28 September 2015.
” Promo tiket murah tersebut hanya berlaku untuk KA reguler, tidak berlaku untuk KA yang bersubsidi. Public Service Obligation, tidak berlaku untuk tiket yang ada potongan serta tiket yang ada diskon lainnya ” pungkas Supriyanto.

RABU, 2 september 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...