PWI Berharap Pemprov Jateng Segera Realisasikan Sekolah Jurnalistik

SEMARANG — Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Jawa Tengah mengadakan pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah, keduanya membahas tentang percepatan realisasi pendirian sekolah jurnalistik sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi kepada para jurnalis atau wartawan.
Dalam pertemuan dengan ketua dan pengurus PWI Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah menjelaskan, bentuk sekolah jurnalistik nantinya tidak harus dalam skala besar dan dilembagakan seperti sekolah – sekolah pada umumnya.
Cukup diawali dengan kegiatan semacam kursus dalam jangka waktu tertentu, dengan pemilihan pengajar yang berkualitas, jadi diharapkan walaupaun dengan anggaran minimal namun hasilnya memuaskan. Setidaknya para wartawan cetak maupun elektronik dapat belajar banyak di sini.
“Saya punya beban tentang pendirian sekolah jurnalistik tersebut, bagaimana caranya agar setara terealisasi, pada prinsipnya Pemprov Jawa Tengah siap memberikan dukungan,” kata Ganjar Pranowo kepada segenap pengurus PWI Jawa Tengah.
Pertemuan dihadiri langsung oleh Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud, didampingi Sekretaris PWI Isdiyanto tersebut mengaku, selama ini PWI telah melakukan peningkatan kompetensi wartawan melalui Sekolah Jurnalistik Indonesia ( SJI ) berupa pembekalan teori dan praktek.
Isdiyanto mengatakan, pendirian sekolah jurnalistik harus dipersiapkan sebaik mungkin, diperkirakan akan terealisasi awal tahun 2016 mendatang. 
“Kami juga meminta Gubernur Jawa Tengah bersedia menjadi pengajar, minimal semacam kuliah umum, hal ini bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri,” ujarnya.
Sedangkan dalam pertemuan tersebut, Amir Machmud menyampaikan agenda pelantikan pengurus PWI Jawa Tengah oleh PWI Pusat pada Selasa ( 22 / 9 ) rencananya acara tersebut akan dilaksanakan di gedung Ghradika Bhakti Praja kota Semarang.
Setelah acara pelantikan selesai, kemudian akan dilanjutkan dengan sarasehan tentang netralitas media pada Pilkada serentak di Jawa Tengah, dalam acara sarasehan tersebut akan turut mengundang seluruh calon Kepala Daerah kota / kabupaten yang akan ikut bertarung pada Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2015 mendatang.
RABU, 9 September 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...