Ratusan Gerobak Sapi Ikuti Lomba Karnaval di Bantul

YOGYAKARTA — Dinas Pariwisata Provinsi dan Pemkab Bantul, Yogyakarta, untuk ketiga kalinya menggelar Festival Gerobak Sapi (FGS). Namun untuk kali ini, tempat yang dipilih sedikit berbeda dengan sebelumnya. Kegiatan yang di gelar dalam dua hari tersebut dilaksanakan di Stadion Pacar Sultan Agung dan dibuka langsung oleh Gubernur, Sri Sultan HB X.

Gelar seni alat transportasi tradisional yang diikuti ratusan gerobak sapi untuk pertama dan kedua diselenggarakan di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Dan atas intruksi Gubernur DIY, FGS diselenggarakan secara bergiliran di lain tempat.

Ketua Umum Festival, Bowo Harso Nugroho mengatakan, gerobak sapi diharapkan bisa menjadi ikon wisata baru di Yogyakarta.  Selain itu, Stadion Sultan Agung Bantul dipilih juga karena memiliki lahan yang memadai, bahkan juga memiliki track pacuan gerobak.

“Ditambah dengan susana pedesaan yang masih cukup terasa, sehingga Bantul layak digunakan sebagai tempat penyelenggaraan festival gerobak sapi ini”, bebernya di Bantul, Minggu (06/09/2015).

FGS kali ini diikuti sebanyak 227 gerobak sapi yang berasal dari berbagai wilayah di DIY dan Jawa Tengah. FGS yang dimulai sejak pagi pukul 08.00 wib, terbagi dalam 3 kategori lomba, yaitu karnaval, kustom dan balapan atau pacuan gerobak sapi.

“Mereka akan memperebutkan Piala  Gubernur DIY dan GKR Hemas dan juga hadiah berupa uang jutaan rupiah”, ujar Bowo.

Sementara itu, tiga kategori lomba sudah dimulai sejak Sabtu (5/9) sore dengan penilaian kategori kustom. Sedangkan Minggu ini, katas Bowo, dilangsungkan lomba kategori balapan gerobak sapi.

Sebagai event tahunan yang masih tergolong baru, FGS menunjukkan perkembangan yang cukup pesat. Catatan Dinas Pariwisata DIY menyebut saat ini ada 400 gerobak sapi di seluruh DIY. Di wilayah Kabupaten Bantul sendiri ada sekitar 50 gerobak sapi yang aktif mengikuti berbagai acara festival gerobak sapi. 

MINGGU, 6 September 2015
Jurnalis       : Koko Triarko
Foto            : Koko Triarko
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...