Ratusan Murid SD di Yogyakarta Mempraktikkan Ibadah Kurban

Pembagian daging kurban
YOGYAKARTA — 443 murid Sekolah Dasar Negeri Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakara, Sabtu (26/9/2015) melaksanakan kurban satu ekor sapi dan satu ekor kambing. Kurban ini dilakukan sebagai upaya melatih siswa didik sejak dini mengenai pentingnya ibadah kurban.
Pemotongan hewan kurban bagi seluruh peserta didik SDN Condongcatur, dilakukan di Komplek SDN setempat sejak pukul 01.00 wib, dini hari tadi. Lalu, pada pagi harinya ketika seluruh siswa mulai berdatangan, beberapa siswa dilibatkan dalam penanganan daging kurban yang saat itu segera diolah dan dimasak.
Daging kurban setelah matang lalu dibagikan kepada seluruh siswa kelas 1-6, dan beberapa warga sekitar. Hj Siti Rombiyah, SPd.I, Guru Agama setempat menjelaskan, pelaksanaan kurban di sekolah merupakan upaya melatih siswa sejak dini tentang pentingnya melaksanakan kewajiban berkurban bagi umat Islam yang mampu. 
“Diharapkan dengan kegiatan kurban di sekolah, anak didik kelak setelah dewasa terbiasa dan selalu mengupayakan untuk berkurban”, kata Siti.
Meski tahun ini jumlah hewan kurban di lingkungan SDN Condongcatur berkurang satu ekor kambing dari tahun sebelumnya, namun menurut Siti, yang terpenting kurban bisa dilakukan setiap tahun sebagai pendidikan ketakwaan para siswa.
“Hewan kurban merupakan hasil sumbangan dari orangtua siswa, sehingga jumlahnya setiap tahun berbeda. Namun sejak beberapa tahun ini alhamdulillah kami bisa mengurbankan sapi”, pungkas Siti. 
Daging kurban yang akan dibagikan
SABTU, 26 September 2015
Jurnalis       : Koko Triarko
Foto            : Koko Triarko
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...