Satu Pleton Brimob siap Amankan Idul Adha di Tolikara

JAYAPURA — Kepolisian Daerah (Polda) Papua menjamin keamanan sholat Idul Adha bagi umat muslim di Kabupaten Tolikara yang akan berlangsung, Kamis (24/09/2015) mendatang, dengan mengirim satu pleton Brimob ke ibukota Kabupaten Tolikara di Karubaga. Pengiriman tersebut, pasca terjadinya gangguan keamanan saat sholat Idul Fitri yang terjadi 17 Juli lalu.
Irjen Pol Paulus Waterpauw, Kapolda Papua mengatakan saat ini perkembangan situasi di Karubaga terus dipantau hingga hari pelaksanaan Idul Adha. Dimana, lanjut Waterpauw, besar dan kecilnya kekuatan, tergantung perkembangan informasi dari Karubaga, Tolikara.
“Kalau situasinya normal, kemungkinan tidak ada penambahan pasukan kesana, tapi kalau kondisinya tidak memungkinkan, kami akan meminta bantuan personil TNI untuk memback up keamanan disana. Kami berharap semua berjalan lancar dan aman,” kata Waterpauw kepada wartawan di Kota Jayapura, Rabu (09/09/2015).
Beberapa pihak yang mempertanyakan keamanan saat pelaksanaan sholat Idul Adha di Tolikara? Ia tegaskan bahwa keamanan beribadah adalah tanggungjawab negara dan pihaknya siap mengamankan umat muslim yang melaksanakan ibadahnya, agar berjalan normal.
Terkait proses hukum insiden terganggunya ibadah sholat Idul Fitri pada tanggal 17 Juli lalu dan sejumlah pihak telah mengklaim insiden tersebut telah diselesaikan secara adat. Menurutnya, proses penegakan hukum tetap dikedepankan.
“Proses hukum terus berjalan dan kami tetap mengumpulkan bukti dan saksi lainnya. Saya tegaskan kembali disini bahwa mushola yang tadinya dikabarkan dibakar dalam kejadian itu, tidak benar, melainkan mushola itu ikut terbakar. Bukti-buktinya telah diperiksa di Laboratorium dan forensik,” ujarnya.
Sampai saat ini, lanjutnya, keadilan terhadap korban tetap dikedepankan, salah satunya dengan dipercepatnya pembangunan rumah kios yang saat kini tengah dalam proses pembangunan dan sudah mencapai 85 persen. “Tapi sampai saat ini ada kendala soal pembiayaan pembangunan rumah kios itu,” tuturnya.

KAMIS, 10 September 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...