Sebuah Mobil Colt Diesel Terbakar di Jalan Lintas Timur Lampung

Mobil terbakar

LAMPUNG — Sebuah kendaraan jenis colt diesel bernomor polisi BE 3467 XC yang bermuatan limbah di dalam wadah puluhan drum, hangus terbakar di tanjakan Gunung Pancong Desa Sumur Kecamatan Ketapang Lampung Selatan pada Selasa (29/9/2015) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.
Salah seorang pengurusan dari perusahaan pemilik mobil tersebut, Joni (34) mengatakan, mobil terbakar akibat mengalami overheat (suhu pada internal mesin meningkat tinggi) dan terbakar saat berada di puncak tanjakan Gunung Pancong. 
Meski sopir Supriyanto dan Udin dibantu puluhan warga sudah berusaha, namun api terus menjalar dan menghanguskan seluruh bagian mobil dengan mengeluarkan asap hitam.
“Saya datang mobil sudah terbakar dan kami segera menghubungi mobil pemadam kebakaran dari BPBD lampung Selatan serta dari PT ASDP untuk memadamkan api,”ungkap Joni kepada Cendana News.com, Selasa (29/9/2015).
Sementara itu, Supriyanto mengaku kondisi mobil yang dikemudikannya saat berangkat dalam kondisi normal, namun tiba tiba saat akan menanjak mesin sempat mengalami ngadat. 
“Sesampainya di atas tanjakan yang dalam kondisi mendatar tiba tiba api memercik dan semakin membesar. Kami langsung keluar dari mobil,”katanya menerangkan kejadian.
Akibat terbakar tersebut seluruh muatan kendaraan terbakar dan mobil tidak dapat diselamatkan meskipun pemadam kebakaran datang beberaap menit setelah kejadian. Akibatnya mobil hangus dan kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. 
Akibat kecelakaan mobil terbakar tersebut lalulintas dari kedua arah baik dari pelabuhan Bakauheni menuju ke Lampung Timur dan sebaliknya sempat mengalami kemacetan.
Anggota Polsek Penengahan yang datang ke lokasi kejadian pun segera melokalisir tempat kejadian mobil terbakar tersebut dan mengatur lalulintas dari kedua arah. Hingga kini bangkai kendaraan yang terbakar tersebut masih berada di lokasi dan menjadi tontonan warga yang melintas.  Hingga kini Polsek Penengahan masih menyelidiki insiden terbakarnya mobil colt diesel tersebut.
“Kami akan selidiki terlebih dahulu apa penyebab jebakaran mobil tersebut karena tadi masih dugaan awal sampai mobil hangus terbakar,”ungkap AKP Mulyadi Yakub kapolsek Penengahan.
Kejadian kendaraan terbakar di wilayah Lampung Selatan sebelumnya pernah terjadi di bulan Agustus lalu saat bus DAMRI berpenumpang 22 orang asal Jambi tujuan Ponorogo  terbakar di Jalan Lintas Sumatera. Bus tersebut terbakar akibat mengalami arus pendek dan menghanguskan seluruh bus namun seluruh penumpang selamat.
Proses pemadaman dan bangkai mobil

SELASA, 29 September 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...