Sekda NTB Minta Dinas Kehutanan Tegas Terhadap Pelaku Pembalakan Liar

Truk yang mengangkut  Kayu Sono keling yang diamankan Pulhut NTB beberapa waktu lalu
MATARAM — Sekretaris Daerah Nusa Tenggara Barat, Muhammad Nur meminta kepada Dinas Kehutanan untuk lebih tegas menindak para pelaku pembalakan liar liar, khususnya di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, karena kondisinya sudah sangat memperihatinkan.
“Harus lebih tegas memberikan hukuman terhadap para pelaku pembalakan liar supaya memberikan efek jera, dari sisi pengawasan, juga lebih maksimal dilakukan,” kata Nur di Mataram, Senin (14/9/2015).
Dikatakan, apalagi kalau sampai kemudian pembalakan dilakukan karena klaim kepemilikan atas lahan tersebut, prinsipnya tidaklah tepat kalau mengklaim sesuatu tanpa ada bukti jelas, apalagi sudah ada aturan, siapapun lah, tentu harus menunjukkan alasan dan bukti yang dan alasan yang tepat.
Tapi, kata Nur apapun Itu terkait dengan pengelolaan bumi, air dan alam sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang – Undang pada prinsipnya untuk muaranya untuk menciptakan kesejahteraan bagi rakyat.
“Segala hal yang berkaitan dengan pengelolaan bumi dan air untuk kesejahteraan rakyat, hanya saja kan ada aturan mainnya, mana areal yang statusnya masuk kawasan hutan lindung dan mana yang tidak dan boleh digarap oleh masyarakat,”katanya.
SENIN, 14 September 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...