Sertifikat Massal Dukung Pengembangan Ternak Sapi Nasional

Kepala Kantor Wilayah, Badan Pertanahan Nasional Nusa Tenggara Barat
MATARAM — Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Nusa Tenggara Barat menyebutkan, tiga Kabupaten di NTB yang akan dijadikan sebagai daerah pengembangan ternak dan pengembangan bibit sapi nasional, antara lain, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu dan Kabupaten Sumbawa mendapatkan sertifikat tanah dan memiliki kepastian hukum.
“Luas lahan di sebagai lahan ternak bagi masyarakat di masing – masing Kabupaten tersebut dipersiapkan seluas 100 hektar dan sudah dibuatkan sertifikat oleh BPN supaya memiliki kepastian hukum dan tidak bisa di ambil alih oleh Pemda sekalipun untuk diperuntukkan ke hal yang lain” kata Budi di Senggigi, Lombok Barat, Minggu (20/9/2015).
Dikatakan, keberadaan ketiga Kabupaten tersebut yang selama ini menjadi daerah dengan populasi peternak dan menjadi salah satu penyuplai daging nasional, menjadi alasan tersendiri bagi pemerintah untuk menerbitkan sertifikat tentang lahan ternak bagi masyarakat.
Kebijakan tersebut juga sejalan dengan keinginan pemerintah untuk bisa tetap surplus daging bahkan menjadi negara pengespor, bukan lagi pengimpor sebagaimana yang selama ini kerap dilakukan oleh pemerintah untuk memenuhi kekurangan stok daging nasional.
“Harapannya melalui penerbitan sertifikat lahan ternak bagi ratusan masyarakat peternak di NTB, khususnya di tiga Kabupaten tersebut, masyarakat tidak khawatir lagi kehilangan lahan tempat menggembala ternak, seiring pembangunan,” katanya.
MINGGU, 20 September 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...