Sistim Online, Berikan Kemudahan Pengurusan SIM di Semarang

Proses pengurusan SIM
SEMARANG —  Sejak diluncurkan awal September 2015, uji coba perpanjangan SIM secara online di wilayah Polda Jawa Tengah, Satlantas Polrestabes Semarang ramai dikunjungi pengendara.
Hanya dengan menunjukkan SIM yang lama dan KTP, maka secara otomatis, data diri pemohon perpanjangan SIM dari daerah asalnya, akan ditarik masuk kedalam sistem komputer SATPAS SIM Satlantas Polrestabes Semarang. Selang beberapa saat kemudian, SIM A atau SIM C yang kita butuhkan akan langsung tercetak secara otomatis sama persis dengan SIM terdahulu.
Kebijakan perpanjangan SIM online tersebut merupakan salah satu program inovasi terkini dari Korps Lalu Lintas ( Korlantas ) Mabes Polri. Untuk mensukseskan program SIM online secara nasional, maka beberapa waktu lalu, Satpas Satlantas Polrestabes Semarang telah menerima pengadaan sekitar 53 unit perangkat komputer dari Korlantas Mabes Polri untuk menunjang kegiatan tersebut.
Saat Cendana News mengunjungi Satlantas Semarang, Jawa Tengah, pengunjung tampak antri menunggu proses pengajuan permohonan mengurus baru atau perpanjangan SIM.
Tidak hanya berada disatu lokasi, untuk memberikan kemudahan pengendara, Satlantas Polrestabes Semarang mengerahkan beberapa unit kendaraan berupa pelayanan SIM keliling di beberapa tempat strategis di kawasan kota Semarang. Selain itu pihak Satlantas juga telah memperbanyak outlet – outlet pelayanan SIM di mana – mana.
Meski demikian, masyarakat sudah telanjur terbiasa dengan pola lama, yaitu semacam perasaan kurang puas jika tidak datang langsung ke kantor SATPAS Satlantas Polrestabes yang terletak di jalan Letjen Suprapto, kawasan kota lama Semarang tersebut.
” Sudah sejak lama kami sekeluarga selalu mendatangi kantor ini, jika ada yang punya keperluan membuat SIM  baru, maupun karena kepentingan memperpanjang SIM ” kata seorang warga bernama Neni Kusumaningrum.
Sedangkan suasana di dalam ruang tunggu, kursi – kursi tempat duduk antrean yang telah disediakan seakan tidak mampu menampung ratusan orang silih berganti terus berdatangan. Bahkan banyak warga masyarakat terpaksa memilih berdiri menunggu di luar ruangan, sambil menantikan panggilan sesuai dengan nomor urut mereka masing – masing.
Satlantas Polrestabes Semarang

Uji Praktek
SENIN, 21 September 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...