Soroti Masalah Lingkungan AJI Manado Gelar Noreng Film Dokumenter

Nonton Bareng film dokumenter
MANADO — Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado, Sulawesi Utara, menggelar nonton bareng (Noreng) film dokumenter di Sekretariat AJI Manado yang terletak di jalan Korengkeng No. 1 Manado, Selasa (29/09/2015).
Ketua AJI Manado, Yoseph Ikanubun menegaskan, Noreng tersebut dihadiri Puluhan Aktifis lingkungan dan NGO serta sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kampus yang memiliki Pers Mahasiswa. 
Disebutkan, film dokumenter yang diputar merupakan karya Watcdoc yang liput oleh Video Jurnalis (VJ) yang melakukan perjalanan keliling Indonesia yang diberi nama Ekspedisi Biru yang bercerita tentang Teluk Benoa atau Pulau Benoa yang berada di Pulau Dewata Provinsi Bali. 
“Kami mengundang para NGO dan aktifitis lingkungan karena film documenter ‘Kala Benoa’ yang diputar bercerita tentang reklamasi lingkungan yang ada di Teluk Benoa, tapi juga terjadi di Manado” tegas Ikanubun.
Dikatakan, pemutaran film tersebut ditujukan agar para pegiat dan pencinta lingkungan di Sulut lebih kritis, menyikapi pembangunan yang popular dengan kawasan boulevard yang terus direklamasi, untuk tujuan bisnis, namun disatu sisi sangat memprihatinkan bagi masyarakat pesisir terutama bagi nelayanan tradisional yang hingga kini masih kesulitan untuk menambatkan perahu mereka, karena semua pantai telah di reklamasi.
Ia juga berharap, dari pemutaran film documenter ini, para pegiat lingkungan dan juga para Jurnalis didaerah bisa lebih berpihak kepada masyarakat dalam menulis berita, dan lebih banyak menyorot dan mengangkat masalah lingkungan sebagai konten dan informasi di media massa.
“Kita inginkan para jurnalis juga lebih kritis dan lebih banyak mengangkat tema-tema lingkungan sehingga pemerintah daerah bisa membuka mata, bahwa pentingnya menjaga lingkungan menjadi lahan potensial untuk pariwisata, tanpa harus melakukan reklamasi,” tegas Ikanubun
SELASA, 29 September 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...