Tim Razia Gabungan Manggarai Jaring Ratusan Kendaraan Bermasalah

Memeriksa surat kelengkapan kendaraan
FLORES — Tim Razia Gabungan dari Dinas Perhubungan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Manggarai, Flores, NTT, berhasil menjaring sejumlah kendaraan bermasalah dalam operasi lalu lintas selama dua hari berturut-turut, Selasa-Rabu (22-23/09/2015). Operasi tersebut dilakukan pada lima titik di Kota Ruteng dan terhitung lebih dari 500 unit kendaraan sukses terjaring.
Kepala Dinas Perhubungan, Informatika dan Komunikasi (Kadishubinfokom) Kabupaten Manggarai, Apri Laturake di ruang kerjanya, mengatakan, razia ini merupakan operasi gabungan yang dilakukan secara berkala untuk mendorong ketertiban dan keselamatan lalu lintas masyarakat pengendara.
“Kemarin itu kita baru lakukan operasi selama dua hari berturut-turut, Selasa hingga Rabu. Kita mau periksa, apakah kendaraannya laik operasi atau tidak. Jadi, kita sama-sama turun untuk mendorong ketertiban dan keselamatan berlalu lintas,” ungkap Laturake kepada Cendana News.
Jumlah ini, kata Laturake, merupakan akumulasi dari berbagai jenis pelanggaran. 
“Ada yang STNK mati, tidak punya SIM atau mati, ban gundul, rem bolong, surat pajak. Itu semua ‘kan hal-hal penting yang menjamin keselamatan dan ketertiban berkendara. Terkait dengan izin trayek kendaraan, itu juga jadi sasaran kita. Karena ada kendaraan dari daerah lain beroperasi di Manggarai, tapi izin trayeknya tidak ada,” tutur Laturake.
Laturake mengakui, Operasi Gabungan penting dijalankan untuk mensinergikan peran masing-masing dalam membangun manajemen lalu lintas yang baik. Masing-masing komponen diharapkannya bisa menjalankan peran masing-masing dengan baik. 
“Macam Dishub, itu kita hanya menjalankan razia atau pemeriksaan persyaratan standar berkendara. Terkait dengan penindakan dan pemberian sanksi, itu peran kepolisian,” jelasnya.
Pantauan Cendana News, operasi gabungan tampak dilakukan oleh Dishubinfokom dengan Satlantas dan Satpol PP di sentra pertokoan Kota Ruteng. Sejumlah titik lainnya sebagaimana disampaikan oleh Laturake sendiri adalah Terminal Mena, Terminal Carep, Terminal Karot dan lokasi parkir Pasar Puni. 
Apri Laturake
JUMAT, 25 September 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Foto            : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...