Tingkat Konsumsi Ikan Masyarakat NTB Masih Rendah

MATARAM — Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Nusa Tenggara Barat, Syamsiah Amin mengatakan, tingkat konsumsi ikan di kalangan masyarakat sampai sekarang masih tergolong rendah. Hal tersebut ditandai dengan belum banyaknya masyarakat yang menjadikan ikan sebagai menu masakan, padahal NTB termasuk Provinsi kepulauan yang kaya akan hasil laut berupa ikan.
“Tingkat Konsusmsi ikan masyarakat NTB masih rendah yaitu 31 Kilo Gram Per kapita di bawah rata-rata nasional  yaitu 35,21 perkapita di tahun 2013. Dari Kabupaten Kota yang ada, Kabupaten Lombok Utara termasuk Kabupaten dengan tingkat konsumsi ikan paling rendah, di bawah 25 Kg per Kapita” kata Amin di Mataram, Selasa (15/9/2015).
Karena itu perlu gerakan bersama, bagaimana mendorong supaya konsumsi ikan di kalangan masyarakat bisa lebih meningkat lagi dengan membiasakan gemar mengkonsumsi ikan terutama pada anak – anak sejak masih kecil, karena bagaimanapun, ikan termasuk menu masakan yang akan protein dan bisa meningkatkan kecerdasan anak.
Ia mengatakan, masakan serba Ikan juga bisa dijadikan sebagai Motivator menggerakkan minat masyarakat mau mengkonsumsi ikan sebagi asupan gizi untuk keluarga.
“Terpenting gerakan dan kampanye mengajak atau meningkatkan konsumsi ikan dikalangan masyarakat harus juga dibarengi dengan regulasi yang tepat bagaiman supaya ikan oleh masyarakat tidak sekedar dijadikan sebagai menu pelengkap atau pengganti, tapi sebagai menu wajib,” pungkasnya.
SELASA, 15 September 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...