Tingkatkan Keamanan, Polres Semarang Tambah Dua Polsek

SEMARANG — Guna mengoptimalkan pelayanan dan memberikan rasa aman bagi warga masyarakat, Kepolisian Resor Kota Besar ( Polrestabes ) Semarang, Jawa Tengah, akan segera menambah dua kantor Kepolisian Sektor ( Polsek ) baru,  Polsek Candisari dan Polsek Semarang timur.
Dengan ditambahnya Polsek tersebut, maka akan melengkapi 14 Polsek yang telah ada sebelumnya. Termasuk 1 Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan yang berada di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.
Kapolrestabes Semarang, Kombespol Burhanudin mengatakan, saat ini dua polsek tersebut sedang dalam pengecekan oleh Polda Jateng.
“Mengenai peresmian kedua kantor Polsek tersebut, masih menunggu pengecekan Kapolda Jawa Tengah dan Kepala Biro Perencanaan Polda Jawa Tengah,” jelasnya singkat kepada para awak media.
Melalui Kassubag Humas Polrestabes Semarang, Kompol Suwarna, Kapolres menjelaskan, rencananya hari Senin depan langsung diadakan pelantikan dua pejabat Kapolsek baru, termasuk dengan kesiapan pelayanan kepada warga masyarakat, antara lain pelayanan SPK, SKCK, patroli dan penanganan perkara tindak pidana kriminal lainnya.
Berdasarkan informasi yang dihimpun Cendana News, calon Kapolsek Candisari akan dijabat oleh Iptu Dhayita Dhaneswari, yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit PPA Satreskrim Polrestabes Semarang. Sedangkan Kapolsek Semarang Timur akan dijabat Iptu Yudi, yang sebelumnya bertugas di Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Semarang.
Sementara itu, dari data kepolisian, kota Semarang sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah, jumlah penduduknya sekitar 1.557.108 jiwa, perinciannya 775.452 pria dan 781.656 wanita. Walaupun jumlah anggota jajaran kepolisian Polrestabes Semarang terbatas, namun hal tersebut  tidak mengurangi kinerja polisi dalam melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat.
Sedangkan dari segi tingkat kriminalitas di kota Semarang pada umumnya didominasi kasus pencurian, penggelapan, perampokan, perampasan, penjambretan. Sementara jam – jam yang rawan tindak kejahatan di antara pukul 00:00 WIB hingga 03:00 WIB dini hari.
Dengan adanya penambahan dua Polsek baru tersebut, nanti jumlah Polsek dan Kecamatan di kota Semarang akan ” ideal ” dan berimbang. Artinya setiap satu Kecamatan terdapat satu Polsek, kedua kantor Polsek yang baru tersebut, nantinya masing – masing akan beranggotakan sekitar 60 petugas kepolisian.
KAMIS, 17 September 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...