Lebaran CDN

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, KAI Segera Operasikan KA Joglokerto

SURABAYA — Guna memenuhi permintaan pengguna transportasi yang terus meningkat, PT. KAI ( Persero ) akan segera mengoperasikan  kereta api baru untuk relasi Solo – Yogyakarta – Purwokerto pulang pergi.
Menurut rencana kereta api baru tersebut akan diberi nama KA Joglokerto, yang berarti Jogja – Solo – Purwokerto, kereta api tersebut merupakan rangkaian KA ekonomi komersial bukan subsidi alias non Public Service Obligation ( non PSO ) menggunakan gerbong kelas ekonomi jenis baru ( K3 ).
” KA Joglokerto merupakan KA baru yang menggunakan gerbong ekonomi jenis baru mempunyai kapasitas tempat duduk sebanyak 80 seat, dengan konfigurasi tempat duduk 2 – 2, berbeda dengan 106 seat yang mempunyai konfigurasi tempat duduk 2 – 3 ” terang Manager Humas PT. KAI Purwokerto , Surono melalui siaran pers yang diterima Cendana News, Kamis (10/09/2015).
Dengan beroperasinya kereta tersebut, maka masyarakat akan diberikan ragam pilihan kendaraan angkutan darat selain bus, travel, sepeda motor maupun mobil pribadi lainnya. Dengan desain konfigurasi tempat duduk 2 – 2, maka tempat duduk penumpang KA jelas lebih lega dan nyaman, cocok untuk mereka yang bepergian jauh dari Solo – Jogja – Purwokerto / sebaliknya.
Jarak tempuh KA Joglokerto dari Purwokerto – Yogyakarta akan memakan waktu sekitar tiga jam, sedangkan Yogyakarata – Solo akan memerlukan waktu tempuh sekitar satu jam. Jadi total jarak  tempuh Solo – Jogja – Purwokerto / sebaliknya akan memerlukan waktu sekitar empat jam.
PT. KAI optimis kereta baru andalannya tersebut akan mendapatkan sambutan positif dari masyarakat, karena disamping menawarkan kenyamanan dan keamanan, transportasi kereta api mempunyai keunggulan waktu tempuh yang relatif singkat dibandingkan dengan moda transportasi darat lainnya.
Meskipun bukan termasuk kereta api ekonomi yang mendapatkan subsidi dari pemerintah ( non PSO ), namun tarifnya akan dibuat secara parsial, harga tiketnya terjangkau bersaing menyesuaikan dengan tarif moda transportasi darat lainnya.
KA Joglokerto menurut rencana akan berangkat dari Solo sekitar pukul 06:00 WIB, sampai Yoyakarta pukul 07:00 WIB dan tiba di Purwokerto pukul 10:00 WIB. Sedangkan berangkat kembali dari Purwokerto pukul 10:30 WIB, sampai Yogyakarta pukul 13:30 WIB dan terakhir tiba Solo pukul 14:30 WIB.

KAMIS, 10 September 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...