Titiek Soeharto Harapkan TTP Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

YOGYAKARTA — Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Siti Hediati Hariyadi menekankan, keterlibatan semua pihak, terutama pemerintah daerah, kabupaten dan kota mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarat secara lebih luas. Dan salah satunya yakni dengan pembangunan Taman Teknologi Pertanian Nglanggeran (TTPN).
Hal tersebut disampaikan anggota DPR RI dari Fraksi Golkar dan akrab disapa Titiek Soeharto saat peletakan batu pertama TTPN Gunung Kidul Yogyakarta, Minggu (13/09/2015).
Disebutkan, TPPN sangat penting dalam upaya meningkatkan kemandirian ekonomi bangsa melalui bidang pertanian. TTPN, kata Titiek, merupakan tempat pelatihan dan pengembangan teknologi pertanian, perikanan dan peternakan, dan pengolahan pasca panen secara tepat guna. Karena itu, TTPN bukan sekedar tempat pelatihan, namun juga transfer teknologi pertanian kepada masyarakat. 
“Mengingat peran penting TTPN dalam meningkatkan perekonomian daerah melalui peningkatan keterampilan petani dalam penerapan teknologi terbaru, perlu dukungan pemerintah daerah dan kelembagaan terkait,”sebutnya.
Pemprov DIY dan Kabupaten Gunungkidul, sambung Titiek, telah menyiapkan anggaran, dan perencanaan pembangunan serta penataan organisasi dan sumber daya manusia (SDM). Dukungan pemerintah kota dan kabupaten pun sangat diperlukan dalam proses pengembangan TTPN, yang dalam prosesnya akan melibatkan banyak stackholder termasuk pelaku bisnis atau swasta. 
Titiek mengingatkan, keberhasilan TTPN dalam melakukan pengembangan dan inovasi teknologi pertanian kepada masyarakat, juga bergantung kepada keterlibatan dan komitmen pemerintah, baik di tingkat daerah maupun kota. Juga dalam menggali potensi sumber-sumber pertumbuhan ekonomi dan mendistribusikan berbagai sumber daya untuk pembangunan pertanian di wilayahnya, peran akif pemerintah daerah dan kota pun sangat diperlukan.
Selain itu, kawasan TTPN yang ditunjang dengan potensi keindahan alamnya, diharapkan juga akan semakin mendukung Nglanggeran sebagai salah satu tujuan wisata baru di Gunung Kidul, dan mampu meningkatkan taraf kehidupan warga sekitar baik di Kabupaten Gunung Kidul maupun masyarakat di DIY. 
Pembangunan TTPN berada di Komplek Embung Nglanggeran, Pathuk, Gunung Kidul, diawali dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Titiek Hediati Soeahrto dan sejumlah pejabat di lingkup Pemerintahan Kabupaten Gunung Kidul. Dalam launching pembangunan TTPN itu, dalam pidatonya Titiek mengucapkan terimakasih kepada keluarga Keraton Yogyakarta yang telah merelakan sebagian tanahnya untuk pembangunan Taman Teknologi Pertanian ini.
MINGGU, 13 September 2015
Jurnalis       : Koko Triarko
Foto            : Koko Triarko
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...