Tuti Hendrawati: Permasalahan Sampah Laksana Bom Waktu

Tuti Hendrawati dalam Dialog Pengelolaan Sampah Nasional
SURABAYA — Sampah masih menjadi permasalahan di Indonesia. Menurut data, sebanyak 200 ribu Ton sampah per hari diciptakan oleh masyarakat. Hal tersebut tidak terlepas dari peningkatan masyarakat serta gaya hidup. 
Hal tersebut disampaikan Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya, Tuti Hendrawati dalam Dialog Pengelolalan Sampah Nasional di Surabaya, Selasa (29/09/2015)
“Di perkotaan jumlah sampah yang terangkut masih sedikit. Dan ini bisa jadi bom waktu, yang bisa meledak kapan saja,” terangnya.
Menurutnya, sampah harus dikelola dari sumbernya, agar bisa dikurangi porsi sampah yang tercipta. Selain itu program Adipura mampu mendorong 300 kabupaten dan kota meningkat kebersihan di aspek sampah.
Kualitas perkotaan sekarang menjadi persoalan terutama bidang lingkungan, timbunan sampah 200 ribu ton per hari menjadi permasalahan serius. Pasalnya pelayanan sampah di kota besar masih 70-80 persen.
“Dengan pengelolaan sampah yang baik serta air bersih cukup, lingkungan sehat, udara bersih mampu menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas,” harapnya.
Peserta dialog
SELASA, 29 September 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Foto            : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...