Warga Balikpapan Diimbau Gunakan Masker Saat Aktivitas Di luar Ruangan

BALIKPAPAN — Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan menghimbau kepada warga Balikpapan yang melakukan aktivitas di luar untuk menggunakan masker guna melindungi hirupan langsung dari asap. 
“Aktivitas yang dilakukan di luar kalau bisa menggunakan masker untuk kesehatan,” terang Kepala DKK Balikpapan, Ballerina JPP, Selasa (15/09/2015).
Dia menjelaskan, tidak hanya menyebabkan ISPA, namun asap juga bisa menyerang mata yang menyebabkan mata merah dan perih. 
” Kalo dijalan juga pakai kacamata, buat lindungi mata,” ujar Ballerina.
Saat ini tercatat ada sekitar 2.400 kasus terjangkit ISPA di Balikpapan dalam waktu 35 minggu. Dimana setiap pekan tercatat 65 kasus.
“Semua usia bisa kena penyakit tersebut, itu tidak pandang bulu, mau dari anak-anak sampai orang dewasa bisa saja, kecuali mungkin anak-anaknya di dalam rumah saja, jarang keluar, kemungkinan efeknya atau dampaknya kecil,” sambungnya.
Sementara itu, Wali kota Balikpapan Rizal Effendi juga meminta warga untuk menjaga kesehatan dengan menggunakan masker karena asap mengakibatkan ISPA.
Pemerintah juga akan mengaktifkan kembali tim pemadam kebakaran yang dilatih oleh tim jepang beberapa waktu lalu. petugas kebakaran itu akan bertugas memadamkan kebakaran yang terjadi dihutan.
Dari pantauan warga Balikpapan yang melakukan aktivitas pagi sudah banyak yang menggunakan masker khususnya saat berkendaraan. Kabut asap terlihat pekat di pagi hari hingga pukul 10.00 wita. Siang hari juga masih terlihat meski tidak terlalu pekat. 
SELASA, 15 September 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...