120 Sekolah Ikuti Festival Ketan Kicir HUT ke-14 Kota Batu

Peserta festival ketan Kota Batu
KOTABATU — 120 sekolah dari SD/MI dan SMP/MTs mengikuti Festival Ketan Kicir  dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun kota Batu ke-14.  Festival tersebut diadakan di bagian luar Alun-alun kota Batu, Sabtu (24/10/2015). 
Sesuai dengan namanya, festival ini menjual berbagai jenis makanan ketan dengan berbagai macam rasa yang disediakan oleh masing-masing peserta. Disini pengunjung bisa menikmati aneka rasa ketan dengan gratis. Pengunjung hanya perlu membawa kupon yang dibagikan oleh panitia secara cuma-cuma untuk di tukarkan dengan ketan.
Penyelenggaraan Festival Ketan Kicir ini bisa dibilang cukup unik. Jika biasanya yang menjual dan melayani pembeli adalah orang dewasa, disini justru anak-anak sekolahlah SD dan SMP yang melayani pembeli. 
Tidak hanya sekedar melayani, anak-anak ini juga berdandan ala orang tempo dulu. Dengan menggunakan kebaya untuk wanita dan juga blankon untuk pria, anak-anak ini cukup mahir menawarkan ketan kicir mereka kepada pengunjung. Tidak hanya itu, stan para peserta juga dihias sedemikian rupa agar terkesan seperti tempo dulu.
Sementara itu, ratusan orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa nampak sangat antusias dengan adanya acara Festival Ketan Kicir ini. Hal ini terbukti pada saat pembagian kupon gratis mulai dibagikan, masyarakat yang sudah menunggu cukup lama langsung menyerbu tempat dibagikannya kupon meskipun harus berdesak-desakkan.
Anggi salah satu pengunjung festival mengaku senang dengan diadakannya acara Festival Ketan Kicir. 
“Selain gratis, disini saya bisa menikmati ketan dengan berbagai pilihan rasa karena selama ini yang saya tau dan banyak dijual cuma ketan bubuk dan ketan durian,”ujarnya.
Selain mengaku senang, Anggi juga memberi masukan. Untuk kedepannya jika festival ini diadakan lagi, sebaiknya cara pembagian kupon lebih diatur dan diperbaiki lagi agar masyarakat tidak perlu berdesak-desakan untuk bisa mendapatkannya.
MINGGU, 25 Oktober 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...